Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada Masalah pada Airbag, Kia Carens Kena Recall

JAKARTA, KOMPAS.com - Kia mengumumkan recall atau penarikan kembali terhadap Multi Purpose Vehicle (MPV) Carens di India.

Dikutip dari Livemint, Minggu (8/10/2022), setidaknya ada 44.174 unit Carens yang harus ditarik kembali di pasar India. Hal ini lantaran pabrikan menemukan adanya potensi masalah pada airbag control unit (ACU) software pada airbag.

Produsen otomotif asal Korea Selatan itu juga sudah membuat pernyataan resmi dan meminta konsumen untuk segera datang ke diler agar kendaraannya bisa dilakukan pengecekan.

Pemilik kendaraan juga diminta menghubungi pusat layanan resmi Kia di India untuk menjadwalkan pemeriksaan demi keselamatan. Kia menyebut, bahwa tidak ada biaya untuk pengecekan dan penggantian komponen.

“Perusahaan telah memutuskan untuk secara sukarela menarik kendaraan untuk diperiksa dan jika diperlukan, pembaruan perangkat lunak akan diberikan secara gratis,” tulis pernyataan resmi Kia.

Di India, Kia Carens sudah meluncur sejak Februari lalu. Dalam waktu dua bulan, rival dari Toyota Innova ini diketahui sudah melampaui 50.000 pemesanan.

Sebagai informasi, Kia Carens hadir dalam dua pilihan mesin, yaitu mesin Kappa 1.4 liter turbo yang menghasilkan tenaga 138 tk dengan torsi 241 Nm yang dikawinkan melalui transmisi otomatis (DCT) 7 percepatan.

Sementara pilihan kedua mesin Smartstream Gamma II 1.5 liter yang mampu menghasilkan tenaga 113 tk serta torsi 144 Nm yang disandingkan transmisi intelligent VT.

Di pasar India, mobil ini dibanderol mulai Rp 9,59 lakh atau Rp 196 jutaan, atau

Adapun menyoal fitur keselamatan, Kia Carens sudah dilengkapi dengan enam buah airbag untuk menjamin keselamatan penumpangnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/09/084100315/ada-masalah-pada-airbag-kia-carens-kena-recall

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke