Alasan Sebenarnya Citroen Kembali ke Indonesia

Kompas.com - 06/10/2022, 09:42 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah hampir tiga dekade absen dari Indonesia, akhirnya Citroen kembali lagi. Pabrikan asal Prancis ini akan mulai memasarkan produknya pada 2023.

Diketahui terakhir kali Citroen ada di Indonesia adalah pada 1994. Lalu, apa yang membuat Citroen akhirnya tertarik lagi untuk datang ke Indonesia?

Baca juga: Gandeng Indomobil, Citroen Resmi Kembali Dipasarkan di Indonesia

CEO Citroen Vincent Cobee, mengatakan, industri mobil di Eropa tidak ada pertumbuhan selama 20 tahun terakhir. Pertumbuhan secara eksklusif justru terjadi di pasar yang cepat bertumbuh, populasi yang besar, sukses secara ekonomi, pasar mobil yang dinamis, dan lainnya.

Citroen menunjuk Indomobil Group sebagai distributor tunggalDok. Indomobil Citroen menunjuk Indomobil Group sebagai distributor tunggal

"Jika Anda melihat itu, jelas sekali Indonesia adalah tempat tersebut berkat populasinya dan juga perkembangan ekonominya," ujar Cobee, saat ditemui di Jakarta, Selasa (4/10/2022).

Sebagai produsen mobil, Cobee mengatakan, pihaknya berharap bisa mendistribusikan lebih baik bisnisnya. Tidak hanya di Eropa Barat, tapi juga di luar Eropa.

"Jadi, kami membuat program global yang menargetkan Amerika Latin, Afrika, India, dan ASEAN, untuk mengembangkan merek kami secara geografis," kata Cobee.

Baca juga: Citroen Siapkan Tiga Model Baru mulai 2023

"Jadi, kami meluncurkan program ini selama dua bulan terakhir di India dan Brazil dari segi manufaktur. Kami juga sudah resmi meluncurkannya di India pada Juli, serta Brazil dan Argentina pada Agustus. Kami ingin berekspansi ke ASEAN, dimulai dari Indonesia," ujarnya.

Citroen resmi kembali ke Indonesia dengan menggandeng Indomobil GroupDok. Indomobil Group Citroen resmi kembali ke Indonesia dengan menggandeng Indomobil Group

Secara fundamental, menurut Cobee, Indonesia memiliki populasi yang besar, ekonomi yang bertumbuh, lingkungan bisnis yang baik, dan memiliki partner yang memiliki kemampuan dan dapat dipercaya.

"Citroen juga bertujuan untuk membawa teknologi, inovasi, gaya, fungsionalitas, dan kualitas, pada banyak orang. Kami lihat sangat cocok dengan pasar Indonesia dari segi ekspansi," kata Cobee.

Citroen menunjuk Indomobil Group sebagai distributor tunggalDok. Indomobil Citroen menunjuk Indomobil Group sebagai distributor tunggal

"Deretan mobil klasik yang dipajang di sini, itu adalah mobil ikonik yang diluncurkan dalam volume yang kecil untuk pasar yang kecil pada masa itu. Di sini, kami ingin bertahan lama dan menjadi pemain di arus utama," ujarnya.

Untuk itu, Citroen menggandeng Indomobil Group, dengan anak perusahaan PT Indomobil Wahana Trada, yang akan menangani distribusi, penjualan, dan layanan purna jual.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.