Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/10/2022, 08:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -  Pameran Busworld South East Asia (SEA) 2022 berlangsung di JI Expo Kemayoran, 5-7 Oktober 2022. Ada empat karoseri dalam negeri yang menampilkan berbagai produk barunya.

Karoseri yang turut meramaikan di antaranya Adiputro, New Armada, Tentrem, dan Laksana. Ada beberapa bus yang dibawa, baik bus medium, bus besar, sampai bus tingkat.

Untuk model bus medium, cuma Karoseri Adiputro, New Armada, dan Laksana yang membawanya. Sedangkan Karoseri Tentrem membawa dua unit bus besar, salah satunya bus listrik berbasis baterai.

Baca juga: Bus Besar Mewah yang Ramaikan Pameran Busworld SEA 2022

bodi bus Citouro buatan Karoseri New ArmadaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI bodi bus Citouro buatan Karoseri New Armada

Kembali bahas bus medium, Karoseri Adiputro membawa bodi Jetbus Transit andalannya. Bus medium monokok tersebut diklaim nyaman karena sisi kaki-kaki sudah diganti dengan per keong, bukan lagi model daun.

Pada bagian dalamnya, disusun jadi bergaya bus perkotaan. Keunggulan dari Jetbus Transit ini adalah lantainya yang rendah, jadi ramah pengguna kursi roda dan bisa masuk ke kabin dengan mudah.

Selanjutnya, ada bodi bus medium baru dari Karoseri New Armada yakni Citouro yang digunakan sebagai bus perkotaan. Secara desain, ini khas New Armada di mana tampilannya cukup nyentrik.

Baca juga: Satu Motor Listrik Yamaha E01 Sudah Lulus Homologasi

Bodi bus Tourista buatan Karoseri LaksanaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bodi bus Tourista buatan Karoseri Laksana

Pada bagian depan memakai lampu LED besar dengan grille serta rumah fog lamp yang cukup agresif modelnya. Begitu juga di bagian samping, ada tarikan garis yang tajam, bahkan sampai ke bagian kaca.

Terakhir, bus medium baru dari Karoseri Laksana yakni Tourista Ultimate Series. Bedanya, pada cowl depan (bumper) bentuknya dibuat jadi lebih agresif, bentuknya jadi semakin keren.

Sedangkan di bagian samping, dipasang juga lekukan bodi yang mirip dengan Ultimate Series di bodi Legacy SR3. Pada bagian kabin, terdapat ornamen yang dipasang dengan wood panel serta warna emas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com