Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan Sebenarnya Citroen Kembali ke Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah hampir tiga dekade absen dari Indonesia, akhirnya Citroen kembali lagi. Pabrikan asal Prancis ini akan mulai memasarkan produknya pada 2023.

Diketahui terakhir kali Citroen ada di Indonesia adalah pada 1994. Lalu, apa yang membuat Citroen akhirnya tertarik lagi untuk datang ke Indonesia?

CEO Citroen Vincent Cobee, mengatakan, industri mobil di Eropa tidak ada pertumbuhan selama 20 tahun terakhir. Pertumbuhan secara eksklusif justru terjadi di pasar yang cepat bertumbuh, populasi yang besar, sukses secara ekonomi, pasar mobil yang dinamis, dan lainnya.

"Jika Anda melihat itu, jelas sekali Indonesia adalah tempat tersebut berkat populasinya dan juga perkembangan ekonominya," ujar Cobee, saat ditemui di Jakarta, Selasa (4/10/2022).

Sebagai produsen mobil, Cobee mengatakan, pihaknya berharap bisa mendistribusikan lebih baik bisnisnya. Tidak hanya di Eropa Barat, tapi juga di luar Eropa.

"Jadi, kami membuat program global yang menargetkan Amerika Latin, Afrika, India, dan ASEAN, untuk mengembangkan merek kami secara geografis," kata Cobee.

"Jadi, kami meluncurkan program ini selama dua bulan terakhir di India dan Brazil dari segi manufaktur. Kami juga sudah resmi meluncurkannya di India pada Juli, serta Brazil dan Argentina pada Agustus. Kami ingin berekspansi ke ASEAN, dimulai dari Indonesia," ujarnya.

Secara fundamental, menurut Cobee, Indonesia memiliki populasi yang besar, ekonomi yang bertumbuh, lingkungan bisnis yang baik, dan memiliki partner yang memiliki kemampuan dan dapat dipercaya.

"Citroen juga bertujuan untuk membawa teknologi, inovasi, gaya, fungsionalitas, dan kualitas, pada banyak orang. Kami lihat sangat cocok dengan pasar Indonesia dari segi ekspansi," kata Cobee.

"Deretan mobil klasik yang dipajang di sini, itu adalah mobil ikonik yang diluncurkan dalam volume yang kecil untuk pasar yang kecil pada masa itu. Di sini, kami ingin bertahan lama dan menjadi pemain di arus utama," ujarnya.

Untuk itu, Citroen menggandeng Indomobil Group, dengan anak perusahaan PT Indomobil Wahana Trada, yang akan menangani distribusi, penjualan, dan layanan purna jual.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/06/094200115/alasan-sebenarnya-citroen-kembali-ke-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke