[POPULER OTOMOTIF] Satu Motor Listrik Yamaha E01 Sudah Lulus Homologasi | Masa Berlaku SIM Bukan Berdasarkan Tanggal Lahir Lagi

Kompas.com - 06/10/2022, 06:02 WIB

BOGOR, KOMPAS.com - Sepeda motor listrik Yamaha E01 segera memulai tes jalan di Indonesia sebelum 2023. Saat ini motor tersebut sudah lulus homologasi dan dinyatakan siap untuk melakukan tes.

Asst General Manager Marketing – Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Antonius Widiantoro mengatakan, homologasi dimaksudkan agar bisa dipakai di jalan bukan berarti langsung dijual.

Bicara soal masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM), dokumen ini merupakan salah satu dokumen yang wajib dimiliki oleh pengemudi kendaraan bermotor. SIM memiliki masa berlaku yang terbatas, yaitu hanya lima tahun.

Sebelumnya, masa berlaku SIM sesuai dengan tanggal lahir pemiliknya. Namun perlu diingat, saat ini masa berlaku SIM mengikuti tanggal diterbitkannya SIM.

Baca juga: Citroen Siapkan Tiga Model Baru mulai 2023

Selengkapnya, berikut ini 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada hari Rabu, 5 Oktober 2022.

1. Satu Motor Listrik Yamaha E01 Sudah Lulus Homologasi

Yamaha E01 alias NMAX ListrikDok. Yamaha Yamaha E01 alias NMAX Listrik

"Setiap kendaraan yang akan digunakan di jalan Indonesia harus lolos homologasi. Homologasi itu tidak mesti dijual. Tujuan E01 kemarin dihomologasikan supaya bisa dipakai di jalanan Indonesia," kata Anton di Bogor, Jawa Barat, akhir pekan lalu.

"Uji tipe juga sama supaya bisa dipakai di jalanan Indonesia. Karena kita akan membeberkan ini, kalau misalnya seperti di IIMS 2022 itu hanya display saja, tidak boleh dipakai jalan. Karena izinnya hanya untuk display," kata dia.

 

Baca juga: Satu Motor Listrik Yamaha E01 Sudah Lulus Homologasi

2. Masa Berlaku SIM Bukan Berdasarkan Tanggal Lahir Lagi

Ilustrasi SIM A dan SIM C. Untuk pembuatan SIM baru, pengendara harus menyiapkan biaya pembuatan SIM C, SIM A, SIM B, atau SIM D. Pasalnya, biaya bikin SIM C berbeda dengan jenis SIM lainnya.KOMPAS.com/Isna Rifka Sri Rahayu Ilustrasi SIM A dan SIM C. Untuk pembuatan SIM baru, pengendara harus menyiapkan biaya pembuatan SIM C, SIM A, SIM B, atau SIM D. Pasalnya, biaya bikin SIM C berbeda dengan jenis SIM lainnya.

Ketentuan ini diatur dalam surat telegram Korlantas Nomor ST/2664/X/Yan.1.1/2019. Dijelaskan, bahwa masa kedaluwarsa SIM sekarang bergantung pada tanggal pencetakan SIM tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.