Honda CB750 Hornet Meluncur dengan Mesin Baru 755 cc

Kompas.com - 05/10/2022, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Honda akhirnya melahirkan kembali CB750 Hornet, motor yang sempat populer pada zamannya. Dengan spek mesin terbaru, motor sport ini siap bersaing dengan Yamaha MT-07 yang lebih dulu meluncur.

Untuk diketahui, CB750 Hornet dirancang di fasilitas R&D Honda di Roma. Motor ini hadir dengan mesin 755 cc 4 klep parallel-twin, bukan empat silinder seperti pada akhir 1990-an hingga awal 2000-an.

Test Project Leader Honda Fuyuki Hosokawa mengatakan, Hornet akan selalu menjadi motor yang sangat spesial bagi Honda.

Baca juga: Valentino Rossi Ungkap Alasan MotoGP Saat Ini Jarang Saling Menyalip

Honda CB750 Hornet 2022motorcyclenews.com Honda CB750 Hornet 2022

“Sebelum memulai proyek ini, kami berpikir panjang dan keras tentang performa seperti apa yang ingin kami berikan kepada pebalap,” ujar Test Project Leader Honda Fuyuki Hosokawa, dikutip dari MCN (5/10/2022).

“Kami tahu bahwa sangat penting untuk menjaga agar tenaga klasik Hornet top end 'memukul' dan pada saat yang sama,” kata dia.

Mesin tersebut memiliki langkah pendek dan poros engkol 270 derajat yang menciptakan perintah pembakaran tidak merata, sehingga punya penyaluran tenaga mirip dengan mesin V-twin.

Baca juga: Begini Cara Blokir STNK Kendaraan yang Sudah Dijual

Di atas kertas, mesin baru CB750 Hornet memiliki tenaga 90 tk pada 9.500 rpm dan torsi 55,4 lb ft atau setara 75 Nm.

“Sebagai Hornet generasi baru untuk zaman modern, kami ingin mesin memiliki rasa torsi yang sangat kuat dan sensasi 'berdenyut' pada kecepatan rendah. hingga pertengahan rpm,” kata Hosokawa.

Walaupun secara bobot keseluruhan mencapai 190 kg, motor ini diklaim punya handling ringan. Honda mengklaim rasio power to weight paling baik di kelasnya, sebesar 0,48 tk per kg.

Baca juga: Catat, Ini Ruas Tol yang Dipasang Kamera ETLE

Honda siap merilis sebuah mesin baru parallel twin 755 cc buat calon mogenya yang meluncur 2023PAULTAN.org Honda siap merilis sebuah mesin baru parallel twin 755 cc buat calon mogenya yang meluncur 2023

Hal ini berkat rangka baja diamond yang memiliki bobot 16,6 kg atau lebih ringan 1,9 kg dari yang digunakan pada CB650R empat silinder.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.