Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda CB750 Hornet Meluncur dengan Mesin Baru 755 cc

Kompas.com - 05/10/2022, 09:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Honda akhirnya melahirkan kembali CB750 Hornet, motor yang sempat populer pada zamannya. Dengan spek mesin terbaru, motor sport ini siap bersaing dengan Yamaha MT-07 yang lebih dulu meluncur.

Untuk diketahui, CB750 Hornet dirancang di fasilitas R&D Honda di Roma. Motor ini hadir dengan mesin 755 cc 4 klep parallel-twin, bukan empat silinder seperti pada akhir 1990-an hingga awal 2000-an.

Test Project Leader Honda Fuyuki Hosokawa mengatakan, Hornet akan selalu menjadi motor yang sangat spesial bagi Honda.

Baca juga: Valentino Rossi Ungkap Alasan MotoGP Saat Ini Jarang Saling Menyalip

Honda CB750 Hornet 2022motorcyclenews.com Honda CB750 Hornet 2022

“Sebelum memulai proyek ini, kami berpikir panjang dan keras tentang performa seperti apa yang ingin kami berikan kepada pebalap,” ujar Test Project Leader Honda Fuyuki Hosokawa, dikutip dari MCN (5/10/2022).

“Kami tahu bahwa sangat penting untuk menjaga agar tenaga klasik Hornet top end 'memukul' dan pada saat yang sama,” kata dia.

Mesin tersebut memiliki langkah pendek dan poros engkol 270 derajat yang menciptakan perintah pembakaran tidak merata, sehingga punya penyaluran tenaga mirip dengan mesin V-twin.

Baca juga: Begini Cara Blokir STNK Kendaraan yang Sudah Dijual

Di atas kertas, mesin baru CB750 Hornet memiliki tenaga 90 tk pada 9.500 rpm dan torsi 55,4 lb ft atau setara 75 Nm.

“Sebagai Hornet generasi baru untuk zaman modern, kami ingin mesin memiliki rasa torsi yang sangat kuat dan sensasi 'berdenyut' pada kecepatan rendah. hingga pertengahan rpm,” kata Hosokawa.

Walaupun secara bobot keseluruhan mencapai 190 kg, motor ini diklaim punya handling ringan. Honda mengklaim rasio power to weight paling baik di kelasnya, sebesar 0,48 tk per kg.

Baca juga: Catat, Ini Ruas Tol yang Dipasang Kamera ETLE

Honda siap merilis sebuah mesin baru parallel twin 755 cc buat calon mogenya yang meluncur 2023PAULTAN.org Honda siap merilis sebuah mesin baru parallel twin 755 cc buat calon mogenya yang meluncur 2023

Hal ini berkat rangka baja diamond yang memiliki bobot 16,6 kg atau lebih ringan 1,9 kg dari yang digunakan pada CB650R empat silinder.

Beranjak ke bagian kaki-kaki, sokbreker depan pakai upside down 41mm Showa Separate Fork Function Big Piston dan sokbreker belakang monoshock setelan preload lima tahap yang dapat disesuaikan.

Bicara pengereman, motor ini mengusung cakram depan ganda 296 mm dengan kaliper Nissin radial empat piston.

Baca juga: Motor Listrik Yamaha E01 Menyasar Segmen Mid Range

Honda CB750 Hornet 2022motorcyclenews.com Honda CB750 Hornet 2022

Hornet baru juga mendapatkan sejumlah opsi fitur elektronik tambahan seperti quickshifter dan auto-blipper.

Fitur standar termasuk tiga mode berkendara berkat throttle ride-by-wire: Rain, Standard dan Sport, ditambah engine brake tiga tahap dan kontrol traksi.

Pengendara juga bisa melakukan wheelie control, mematikan kontrol traksi sama sekali, yang semua ini dipilih menggunakan switchgear kiri dan dasbor TFT warna lima inci, yang dapat dihubungkan ke ponsel Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com