Kompas.com - 05/10/2022, 09:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban merupakan komponen yang punya usia pakai. Ada saatnya ban mobil harus diganti dengan yang baru.

Namun ada yang mengatakan pada waktu tertentu ban sudah kedaluwarsa, ada yang mengatakan lima tahun, atau lebih. Lalu apakah benar ban punya masa kedaluwarsa?

Zulpata Zainal, On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk. mengatakan, ban tidak ada masa kedaluwarsa, tapi ada syaratnya.

Baca juga: Ban Tubeless Bocor, Apakah Motor Aman Pakai Ban Dalam?

Ban mobil bocor Dicky Aditya Wijaya Ban mobil bocor

"Selama penyimpanannya baik, tidak masalah. ban bukan makanan yang gampang membusuk, penyimpanan ban harus baik, tidak dekat benda-benda atau cairan kimia, asap kompresor, suhu yang lembab atau panas sekali," ucap Zulpata kepada Kompas.com, Selasa (4/10/2022).

Kemudian untuk ban yang sudah terpasang di mobil, pastikan tetap dirawat agar usia pakainya bisa lebih lama. Salah satu cara merawatnya adalah dengan memerhatikan tekanan udara di ban.

"Tekanan angin ban, harus mengikuti rekomendasi dari pabrikan mobil, secara berkala dilakukan rotasi, pemeriksaan kesetimbangan atau balancing serta kelurusan roda kendaraan harus diikuti seperti rekomendasi dari pabrikan mobil," ucap Zulpata.

Baca juga: Catat, Daftar Jenis Pelanggaran Lalu Lintas Target ETLE


Jadi bisa dikatakan, ban yang sudah berumur tahunan, selama alur ban masih tebal dan bentuknya baik, masih aman digunakan. Namun jika sudah banyak tambalan, retak, alur ban menipis atau hampir botak, lebih baik ganti dengan yang baru.

"Kemudian, terjadi keausan tidak rata pada ban akibat pemakaian. Jadi tidak dikaitkan dengan waktu produksi ban," ucap Zulpata.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.