Toyota Crown Sedan Bakal Punya Varian Plug-in Hybrid

Kompas.com - 04/10/2022, 15:01 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Motor Corporation belum lama ini meluncurkan generasi terbaru model flagship Crown. Produk ini terlahir kembali setelah puluhan tahun dikenal sebagai model sedan full size, kini tersedia dalam empat model, yaitu crossover, sedan, sport dan estate (station wagon).

Ketika Toyota meluncurkan Crown 2023 beberapa bulan yang lalu, semua varian tersebut hanya dibekali dengan powertrain hybrid. Namun, saat ini kabarnya Toyota bakal segera mengerjakan versi Plug-in Hybrid untuk model sedan Crown.

Kabar itu disampaikan oleh Presiden dan CEO Toyota Akio Toyoda saat pertemuan dealer mobil di Las Vegas.

Baca juga: Bahas Model Flagship Terbaru, Toyota Crown Crossover

“Kami tidak memiliki detail besar tentang plug-in hybrid, tetapi ada kemungkinan besar bahwa ia akan mendapatkan powertrain Plug-in Hybrid yang sama dengan RAV4 Prime,” dikutip dari Thetorquereport, Selasa (4/10/2022).

Toyota Crown tipe CrossoverFoto: Toyota Toyota Crown tipe Crossover

“Kita harus menunggu dan melihat apakah Crown Prime mendapatkan powertrain yang lebih kuat yang ditawarkan Toyota saat ini,” lanjutnya.

Sebagai informasi, seluruh keluarga Crown terbaru dibangun di atas platform global Toyota TNGA.

Pilihan mesinnya ada dua, 2.400 cc turbo hybrid bertenaga 340 Tk dan torsi 400 lb-ft. Kemudian ada opsi 2.500 cc hybrid biasa untuk varian terendah yang menghasilkan tenaga sekitar 236 hp.

Baca juga: Jangan Isi Radiator Pakai Air Minum Kemasan Beroksigen!

Jika Crown Prime mendapatkan powertrain yang sama dengan RAV4 Prime, maka akan menggunakan mesin 4 silinder 2.5 liter dengan baterai lithium-ion berkapasitas tinggi, konverter penguat, dan 2 motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 302 Hp.

Adapun untuk jarak tempuh, bisa dilalui hingga 63 Km hanya dengan tenaga listrik saja.

Namun, belum ada informasi lebih lanjut terkait spesifikasi Plug-in Hybrid yang akan disematkan pada Toyota Crown.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.