Kompas.com - 04/10/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Cat mobil saat ini kian berkembang dan beraneka ragam, namun cat duco merupakan nama yang paling sering terdengar.

Bahkan, pengecatan duco sering direkomendasikan oleh bengkel mobil untuk mengatasi permasalahan pada bodi mobil.

Bukan hanya saat bodi mobil baret atau cat pudar, cat duco juga jadi alternatif untuk modifikasi mobil.

Baca juga: Tidak Bayar Pajak Bisa Kena Tilang, Berikut Aturan dan Sanksinya

Lalu sebenarnya cat duco ini adalah teknik pengecatan bodi mobil atau jenis cat mobil?

Erwin Tubun Kepala Bengkel Auto2000 Sunter B&P menjelaskan jika duco merupakan nama merek cat untuk mobil.

“Duco berasal dari Du Pont company yaitu perusahaan dari Amerika yang membuat bubuk mesiu di tahun 1802, seiring berjalannya waktu perusahaan ini membuat macam-macam bahan kimia salah satunya membuat cat,” kata Erwin kepada Kompas.com, Selasa (4/10/2022).


Erwin memaparkan jika di masa itu cat umumnya hanya terdiri dari satu komponen yaitu metode pengeringan cat teroksidasi dengan udara.

Semenatara itu, Du Pont membuat gebrakan dengan meluncurkan cat dengan sistem reaksi kimia dari dua bahan kimia yang dijadikan satu.

IDENTIFIKASI—Petugas sementara mengidentifkasi kesamaan cat mobil milik tersangka SK dengan pecahan dempul cat yang ditemukan di tempat kejadian kasus kecelakaan yang menewaskan Apri Duwi Saputro (20) pengemudi sepeda motro Yamaha Vixion, warga Desa Sukoharjo, Kecamatan Tirtomoyo ,Kabupaten Wonogiri. Kecelakaan itu terjadi di Jalan Raya Giriwoyo - Giritontro, tepatnya di Dusun Danan, Desa Sendang Agung, Kecamatan Giriwoyo, Wonogiri, Senin (23/7/2022).KOMPAS.COM/Dokumentasi Polres Wonogiri IDENTIFIKASI—Petugas sementara mengidentifkasi kesamaan cat mobil milik tersangka SK dengan pecahan dempul cat yang ditemukan di tempat kejadian kasus kecelakaan yang menewaskan Apri Duwi Saputro (20) pengemudi sepeda motro Yamaha Vixion, warga Desa Sukoharjo, Kecamatan Tirtomoyo ,Kabupaten Wonogiri. Kecelakaan itu terjadi di Jalan Raya Giriwoyo - Giritontro, tepatnya di Dusun Danan, Desa Sendang Agung, Kecamatan Giriwoyo, Wonogiri, Senin (23/7/2022).

Racikan cat tersebut bertujuan untuk mendapatkan hasil yang kering sempurna. Dua komponen kimia cat duco yaitu nitro dan cellulose atau disingkat NC. Namun, cat ini biasa di sebut dua komponen atau duo component (du co) oleh kalangan pengecat.

Baca juga: Nissan dan Mitsubishi Bikin Mobil Listrik Mungil Harga Murah

Jika membicarakan jenis, nama kimia cat ini adalah cat NC. Keunggulan dari cat jenis ini adalah cepat kering setelah diaplikasikan pada mobil.

“Dua komponen pada cat ini terdiri dari resin dan hardener (pengeras) yang dijadikan satu dalam wadah akan mengering dengan sempurna dalam beberapa waktu yang telah ditentukan,” kata Erwin.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.