Cuci Motor Listrik Enggak Bisa Sembarangan, Waspada Bagian Ini

Kompas.com - 04/10/2022, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Wilayah Jakarta dan sekitarnya belakangan ini sering dilanda hujan. Kondisi ini membuat pemilik harus lebih rajin mencuci kendaraan usai terguyur hujan.

Namun demikian, cuaca hujan rupanya wajib diwaspadai pemilik kendaraan listrik, terutama pengguna yang ingin mencuci motor listrik yang makin besar populasinya.

Secara umum motor listrik aman dari cuaca hujan, bahkan banjir sekalipun. Tapi masih ada beberapa komponen yang sebetulnya rentan terkena air.

Baca juga: Catat! Ini Tiga Titik Lokasi Operasi Zebra 2022 di Jakarta Pusat

United E-Motor luncurkan motor listrik TX3000KOMPAS.com/DIO DANANJAYA United E-Motor luncurkan motor listrik TX3000

“Saat cuci motor listrik, harus berhati-hati di bagian dinamo,” ujar Awan Setiawan, Head of E-Motor Division PT Terang Dunia Internusa (United E-Motor), kepada Kompas.com (29/9/2022).

“Hati-hati air di bagian ini, sehingga kalau kena hujan atau air bisa masuk,” kata dia.

Awan juga mengatakan, konsumen motor listrik perlu mengingatkan jasa cuci motor agar tidak menyemprot langsung ke bagian dinamo.

Baca juga: Biaya Resmi Perpanjangan SIM A dan SIM C per Oktober 2022

“Sebaiknya sih cuci sendiri, rentan kalau kena air bertekanan tinggi,” ucap Awan.

Adapun mengenai kemampuan motor listrik menerjang banjir, menurutnya, masih sama seperti motor konvensional.

Motor listrik pernah dites banjir, masih aman. Normalnya kalau motor konvensional setengah ban sudah harus hati-hati, ini kurang lebih sama,” kata Awan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.