Kompas.com - 03/10/2022, 14:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Oli mesin mobil menjadi salah satu komponen yang wajib diperhatikan oleh pemilik kendaraan. Komponen ini memastikan sistem jantung pacu mesin mobil bisa bekerja secara optimal.

Pemilik mobil perlu memperhatikan kualitas oli yang digunakan. Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi kualitas oli, salah satunya adalah kebiasaan memanaskan mobil saat mobil sedang tidak dipakai.

Mobil yang tidak dipanaskan dalam waktu lama bisa membuat kinerja oli di dalam bak oli tidak optimal. Oli mobil memang tidak bisa basi atau kedaluwarsa, namun kinerjanya menjadi tidak optimal jika mobil lama tidak digunakan.

Baca juga: Apa Dampak Cairan Coolant Tidak Pas pada Mesin Mobil?

Kebiasaan memanaskan mobil sebaiknya dilakukan setiap tiga hari sekali, agar sirkulasi dalam komponen-komponen mesin tetap berjalan dengan lancar.

Selain memanaskan mobil, oli mesin mobil juga perlu diganti secara berkala oleh pemilik kendaraan, sesuai dengan rekomendasi dari pabrik.

Secara umum, penggantian pelumas ini biasanya dilakukan berdasarkan jarak tempuh kendaraan, misalnya setiap 6.000 kilometer.

Ilustrasi oli, menuangkan oli. SHUTTERSTOCK/NEW GOOD IDEAS Ilustrasi oli, menuangkan oli.

Selain itu, jika dilihat dari lama pemakaian kendaraan, penggantian oli disarankan untuk dilakukan setelah pemakaian maksimal enam bulan.

Berdasarkan pantauan di sejumlah situs jual beli daring pada Senin (3/10/2022), beberapa oli mengalami perubahan harga yang tidak terlalu signifikan. Namun, kebanyakan mengalami penurunan harga.

Baca juga: Harga Oli Mobil Transmisi Matik Oktober 2022

Berikut ini daftar harga oli mesin mobil terhitung per Oktober 2022.

Pertamina

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.