Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Busi Memerah Tanda Mesin Mobil Pernah Overheat

Kompas.com - 01/10/2022, 11:42 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Busi merupakan komponen di dalam mesin bensin yang memegang peran cukup penting. Tanpa busi yang prima, maka performa mesin menjadi menurun.

Tidak hanya sebagai kunci performa mesin, busi juga bisa dijadikan indikator apakah performa mesin baik atau tidak dari warna ujung elektrodanya.

Nah, salah satu kabar yang beredar, yaitu elektroda busi berwarna merah, yang katanya itu menandakan mesin pernah mengalami overheat. Lantas, apakah anggapan tersebut benar?

Baca juga: Korelasi Busi yang Tak Sehat Bikin Mobil Boros BBM

Pembersihan busiKompas.com/Erwin Setiawan Pembersihan busi

Mekanik Nissan Bintaro Muhammad Asrofi, mengatakan kurang tepat bila busi berwarna merah dikatakan sebagai tanda mesin pernah mengalami overheat atau panas berlebih.

“Busi berwarna merah, itu efek dari penggunaan bahan bakar, seperti yang diketahui beberapa jenis bahan bakar mengandung pewarna, sedangkan tanda bekas overheat itu biasanya bekas air, itu warnanya pucat keputih-putihan atau menyesuaikan warna coolant yang digunakan,” ucap Asrofi kepada Kompas.com, Jumat (30/9/2022).

Dia mengatakan selain karena efek pewarna bahan bakar, busi yang berwarna merah bisa timbul karena pemakaian zat aditif bahan bakar sejenis octane booster.

Baca juga: Dampak Gunakan BBM Tak Sesuai Rekomendasi bagi Kesehatan Busi

Busi NGKNGK Busi NGK

“Kalau busi berwarna merah itu bisa juga disebabkan oleh penambahan zat aditif pada bahan bakar, ada pun warna busi yang bisa menandakan performa mesin itu putih dan hitam, itu menandakan banyakan udara atau bahan bakar dalam proses pembakaran,” ucap Asrofi.

Dia mengatakan tanda berupa warna pada busi memang kurang akurat, karena itu hanya asumsi, maka dari itu untuk membuktikan perlu melakukan pengecekan lainnya.

“Perlu temuan lainnya untuk mendukung hasil pemeriksaan, misal mobil pernah overheat ya dicari lewat cara lain, dari oli, atau dari radiator, jadi asumsi itu perlu saja tapi harus diperkuat dengan bukti lainnya,” ucap Asrofi.

Baca juga: Efek Busi Mobil Terlalu Lama Tidak Diganti

Busi NGKNGK Busi NGK

Jadi, warna merah pada busi tidak bisa diartikan sebagai tanda mobil pernah mengalami overheat karena warna tersebut bisa bersumber dari pewarna bahan bakar, zat aditif bahan bakar serta dari warna coolant jika memang yang digunakan warnanya merah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com