Kompas.com - 30/09/2022, 14:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki era elektrifikasi, saat ini sudah ada banyak pilihan kendaraan listrik yang bisa digunakan oleh masyarakat. Secara umum, ada empat pilihan jenis mobil listrik.

Keempat jenis mobil listrik ini memiliki cara kerja yang berbeda-beda. Ada yang murni digerakkan motor listrik, ada juga yang hybrid atau kerjanya masih dibarengi dengan penggunaan bahan bakar minyak (BBM).

Meski begitu, mobil hybrid diklaim dapat lebih mengurangi konsumsi BBM, karena kerjanya dibantu dengan motor listrik. Sehingga, penggunaan BBM jadi lebih efisien.

Baca juga: Sedan Listrik Toyota Bakal Meluncur, Harga Rp 400 Jutaan

Kasubdit Industri Alat Transportasi Darat Direktorat Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP), Kementerian Perindustrian Dodiet Prasetyo sebelumnya menjelaskan, berdasarkan sebuah studi yang dilakukan bersama sejumlah uniersitas, ada penghematan bahan bakar jika masyarakat mulai beralih ke electric vehicle (EV).

"Apabila kita melakukan shifting dengan hybrid, maka penghematan bahan bakar adalah sekitar 49 persen. Plug-in hybrid kurang lebih sekitar 70 persen, dan EV adalah 100 persen," ucap Dodiet saat acara talkshow di Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022 di Jakarta Convention Center, Rabu (28/9/2022).

Berikut ini adalah jenis-jenis mobil listrik beserta cara kerjanya.

Nissan Kicks e-Power, meluncur di IndonesiaKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Nissan Kicks e-Power, meluncur di Indonesia

Hybrid electric vehicle (HEV)

Dikutip dari AFDC, hybrid electric vehicle (HEV) atau mobil hybrid mendapatkan tenaga dari internal combustion engine (ICE) dan satu atau lebih motor listrik. Energi yang digunakan untuk menggerakan mobil disimpan pada baterai mobil tersebut.

Berbeda dengan mobil listrik lain, HEV tidak bisa diisi dayanya dengan menggunakan charger. Namun, baterai mendapatkan dayanya melalui pengereman regeneratif dan mesin pembakaran internal.

Baca juga: Cerita Pemain Lokal Soal Kendala Baterai Motor Listrik

Adanya tenaga ekstra yang disediakan oleh motor listrik membuat ukuran mesin bisa lebih kecil, serta membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih efisien. Kombinasi inilah yang menghasilkan efisiensi bensin tanpa harus mengorbankan performa mobil.

Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.