Sedan Listrik Toyota Bakal Meluncur, Harga Rp 400 Jutaan

Kompas.com - 29/09/2022, 17:41 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota siap meluncurkan mobil listrik yang merupakan produk lanjutan dari bZ series yakni bZ sedan.

Menurut laporan terbaru yang dikutip dari Carscoops, Kamis (29/7/2022), sedan listrik seukuran Corolla itu bakal dijual dengan harga 28.000 USD atau sekitar Rp 420 jutaan.

Kabarnya sedan listrik dari raksasa otomotif asal Jepang ini akan dirakit di pabrik Tianjin, China, yang dioperasikan oleh Toyota bersama Grup FAW China, yang diklaim bisa memproduksi 30.000 unit per tahun.

Baca juga: Setelah Denpasar, Mitsubishi Fuso eCanter Diuji Coba di Jakarta

Adapun untuk pasar pertama yang akan menjual bZ sedan adalah China mengingat di sana segmen sedan masih banyak diminati.

Berbeda dengan kebanyakan negara yang saat ini lebih menyukai kendaraan bergaya sport utility vehicle (SUV).

Sebagai informasi, Toyota bZ sedan bakal menggunakan platform TNGA. Produk ini juga merupakan hasil kolaborasi dengan produsen mobil China BYD terkait teknologi baterai-nya.

Toyota bZ3carnewschina.com Toyota bZ3

BYD mempunyai inovasi baru pada jenis baterai yang dinamai teknologi Blade lithium iron phosphate, yang diklaim lebih aman, dimensi lebih kompak, sehingga bisa menambah kelegaan kabin.

Berdasarkan informasi yang tersebar, bZ sedan memiliki tenaga 175,5 Tk atau 234,7 Tk, berat 1.710 Kg sampai 1.840 Kg dan kecepatan puncak 160 Kilometer per jam.

Baca juga: Setelah Denpasar, Mitsubishi Fuso eCanter Diuji Coba di Jakarta

Untuk jarak tempuhnya memang belum diketahui. Namun, jika dibandingkan dengan BYD Atto 3 yang spesifikasinya hampir mirip, bZ sedan bisa menempuh jarak 420 Km dengan kapasitas baterai 64,5 kWh.

Rencananya bZ sedan akan memakai lencana bZ3, dan jika meluncur bakal berhadapan langsung dengan Tesla Model 3.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.