Cerita Pemain Lokal Soal Kendala Baterai Motor Listrik

Kompas.com - 30/09/2022, 11:42 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai pemain baru, merek Nusantara motor listrik Indonesia menggandeng perusahaan energi Oyika untuk isi daya baterai lewat jaringan stasiun penukaran yang ada.

Hosea Sanjaya, pendiri dan CEO Nusantara Group, mengatakan, sebetulnya saat beli motor konsumen tidak perlu beli baterai tapi biarkan dari perusahaan energi atau baterai yang siapkan.

"Bahwa seperti kita menggunakan bahan bakar minyak, yang kita pakai kan manfaatnya. Ini energi yang kita pakai manfaatnya. Bisa terbayang tidak kalau di rumah kita punya listrik masing-masing punya genset, coba bayangkan," kata dia saat ditemui Kompas.com, di IEMS 2022, di Jakarta, Rabu (28/9/2022).

Baca juga: Marc Marquez Masih Tanpa Target di MotoGP Thailand

Nusantara Rama dan Nusantara Maju menggunakan sistem swap battery dari Oyika.KOMPAS.com/Gilang Nusantara Rama dan Nusantara Maju menggunakan sistem swap battery dari Oyika.

Hosea mengatakan, saat konsumen beli motor dengan baterai maka harga motor jadi tinggi. Kemudian bisa saja konsumen sebetulnya mendapat spesifikasi baterai bukan yang terbaik.

"Baterai itu kalau dikondisikan konsumen harus membeli bersama motor, ada pertama kecenderungannya ada harga, pasti mereka mencari ekuilibrium (kesetaraan) ke harga berapa baterai itu saya bisa jual konsumen bisa beli," kata dia.

"Kecenderungannya dia beli baterai yang kualitasnya bukan yang terbaik karena sudah diserahkan ke pelanggan, padahal pelanggan baterai hanya digunakan untuk menggerakkan motor," kata Hosea.

Baca juga: Dukung Elektrifikasi Kendaraan, PLN Paparkan Konsep V2G

Nusantara Rama mejeng di ajang Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022.
KOMPAS.com/Gilang Nusantara Rama mejeng di ajang Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022.

Hosea mengatakan baterai yang bagus diukur dari banyaknya recycle time atau isi daya. Makin banyak makin bagus. Adapun saat ini mayoritas yang ada di pasar Hosea menyebut hanya "cukup bagus."

"Kualitas baterai diukur dari kualitas recycle time, baterai motor terbaik itu yang ada di referensi global sampai 7.000 kali (charging) kalau bisa sampai 7.000 kali bisa dikatakan itu generasi terakhir, seperti 5G, itu charging time cepat, bentuk lebih ringan," kata dia.

"Tapi yang ada di pasar (saat ini) 1.000 kali dikasih garansi. Anggap hampir tiga tahun, tapi kan tidak bisa penuh begitu sehari bisa dua kali di cas nah pabrik bilang dua tahun, nah kualitas batarai itu tidak bisa dibilang baik tapi cukup baik," kata dia.

Baca juga: Volta Luncurkan Motor Listrik Mirip Vespa, Harga Rp 18 Jutaan

Harga NIU Gova 03 di Oyika lebih murah dari yang dijual oleh Utomocorp. Bisa demikian sebab konsumen hanya membeli motor sedangkan baterainya model sewa ke Oyika.KOMPAS.com/Dio Harga NIU Gova 03 di Oyika lebih murah dari yang dijual oleh Utomocorp. Bisa demikian sebab konsumen hanya membeli motor sedangkan baterainya model sewa ke Oyika.

Kendala lain kata Hosea, saat tren motor listrik sudah besar maka akan jadi kendala baru yaitu masalah limbah baterai.

"Nah setelah dipakai dua tahun itu kemana, karena milik konsumen nah itu jadi masalah lingkungan," kata dia.

"Nah dengan sistem penukaran baterai pemerintah sudah memikirkan, baterai ditukar karena ini perusahaan energi akan mengupdate yang kualitas terbaru dan membeli kualitas tinggi yang chargingnya cepat," ungkap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.