5 Fitur Tambahan Suzuki Ertiga Hybrid, Berguna di Jalur Perkotaan

Kompas.com - 26/09/2022, 17:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sedikitnya terdapat lima fitur tambahan pada Suzuki Ertiga Hybrid, yang resmi diluncurkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales pada pertengahan tahun ini, Juni 2022 lalu.

Dapat dipantau melalui layar multi information display (MID) baru di mobil yang kini mirip XL7 berwarna dasar biru serta hitam, fitur tersebut meliputi electronic stability programme, hill hold control, gear shift indicator, cruise control, serta auto light with guide me light.

Kemudian, ada juga fitur pantauan kondisi baterai dan mesin beranimasi tetapi tidak bisa dikontrol secara otomatis (mode berkendara). Pengemudi hanya bisa mengatur lewat besaran intensitas menginjak pedal saja.

Baca juga: Recall Honda ADV 160 dan PCX 160 karena Ada Masalah di Sektor CVT

Suzuki Ertiga HybridKOMPAS.com/Ruly Suzuki Ertiga Hybrid

Perseroan mengatakan, rangkaian fitur itu untuk menambah rasa berkendara pada Ertiga Hybrid yang lebih modern. Lantas bagaimana implementasi atau penggunaan dari fitur terkait?

Penasaran, redaksi Kompas.com pun langsung menjajalnya di ruas perkotaan yang ramai atau padat kendaraan dalam kesempatan test drive mandiri.

Fitur pertama ialah electronic stability programme yang merupakan perpaduan teknologi pengereman optimal dan kestabilan saat melaju di jalan licin dan juga berbelok. Pada pengetesan, redaksi menjajalnya ketika di ruas tol.

Benar saja, saat melakukan manuver cukup tajam dengan kecepatan di atas 80 kpj, terasa bahwa mobil cukup stabil. Tidak dirasakan gejala over steer dan under steer, buritan mobil terus coba mengikuti pergerakkan yang diinginkan.

Baca juga: Stigma kalau Pakai Kendaraan Listrik Itu Rumit dan Mahal

Suzuki Ertiga HybridKOMPAS.com/Ruly Suzuki Ertiga Hybrid

Apalagi Ertiga Hybrid menggunakan sasis monokok sehingga bantingan lebih nyaman karena suspensinya yang empuk.

Kemudian ketika redaksi sedang berada di kemacetan cukup panjang di ruas yang menanjak (flyover), rasa khawatir mobil mundur (stop-and-go) pun tak muncul berkat fitur hill start assist.

Sebab fitur tersebut berkerja sangat optimal, menahan mobil hampir lebih dari lima detik ketika pedal rem dilepas untuk beralih ke pedal gas. Cukup lama dari kendaraan lain sejenis yang hanya sekitar 3-5 detik saja.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.