Kompas.com - 26/09/2022, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Merek otomotif asal Jepang, Subaru, kembali memastikan komitmennya ke pasar dalam negeri bersama PT Plaza Auto Mega (Plaza Subaru) sebagai agen pemegang merek (APM) sejak awal tahun lalu.

Sebelumnya Subaru hengkang dari Indonesia akibat APM sebelumnya bermasalah terkait izin impor. Kini melalui APM baru, muncul rasa optimisme.

Kehadirannya pun langsung disambut baik oleh pecintanya di Tanah Air. Bahkan, saat pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus lalu, salah satu model Subaru yakni BRZ diklaim terjual 10 unit hanya dalam 1 jam.

Baca juga: Inden Subaru BRZ sampai Tahun Depan

Seperti diketahui, Subaru mengusung berbagai keunggulan yang tak dimiliki oleh rivalnya di Indonesia, seperti penggunaan mesin Boxer dan penggerak Symmetrical All Wheel Drive (S-AWD). Hal inilah yang menjadi modal utama untuk Subaru jualan di pasar Indonesia.

Boxer diperkenalkan Subaru pertama kali pada tahun 1996 dan sampai saat ini Subaru masih mempertahankan teknologi mesin tersebut.

Dapur pacu Subaru BRZ gunakan mesin boxer terbaru.https://media.subaru.com/ Dapur pacu Subaru BRZ gunakan mesin boxer terbaru.

Tidak seperti desain mesin silinder segaris atau mesin V, tata letak Boxer menggunakan setup silinder horizontal yang berlawanan. Desain unik ini memungkinkan mesin bisa beroperasi dengan halus.

Sementara teknologi S-AWD, diklaim bisa mengatasi berbagai rintangan. Jalanan di Indonesia tak sepenuhnya mulus, teknologi pada mobil ini menutupi kekurangan infrastruktur agar penggunanya semakin nyaman,

“Situasi jalan di Indonesia itu sangat butuh dan perlu AWD. AWD itu konotasinya bukan hanya ingin keluar masuk hutan (offroad), salah. Jadi S-AWD Subaru itu bukan untuk itu, tapi lebih diperuntukan untuk kendaraan di jalan biasa. Seperti jalan berliku, dalam kondisi hujan jalan basah dan licin, tanjakan serta turunan,” ujar Arie Christopher, Chief Operating Officer Subaru Indonesia, saat ditemui di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Sabtu (24/9/2022).

Baca juga: Bus Listrik Dinilai Belum Ideal untuk Layanan AKAP

Keunggulan inilah yang membuat Subaru Indonesia yakin penjualannya bisa menjanjikan di Tanah Air. Terlebih lagi menurut Arie, profil konsumen yang membeli mobil Subaru adalah mereka yang sudah paham tentang produk, bukan hanya sekadar untuk alat transportasi.

“Mereka yang membeli mobil Subaru sudah mengerti (dalam) mobil seperti apa, tadi yang sudah saya bilang menggunakan S-AWD dan mesin boxer. Sehingga bisa memberikan pengalaman yang berbeda yang tidak akan ditemukan pada mobil lain,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.