Kompas.com - 25/09/2022, 12:42 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Tugas utama gardan mobil adalah menyalurkan tenaga mesin, yang di dalamnya terdapat drive pinion gear, ring gear, dan spider gear.

Perawatan gardan terbilang cukup sepele, bisa dilakukan hanya dengan pergantian oli rutin.Meski durabilitas sudah teruji, komponen di dalam gardan ternyata bisa rusak.

Masalah ringan, di awali telat ganti oli gardan, berlanjut selip gigi gardan. Gesekan berlebihan berimbas gear rompal. 

Lantas, apa yang terjadi? 

Baca juga: Cara Paling Mudah Merawat Transmisi Mobil Matik

Menurut Kepala Bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto, gigi gardan yang bermasalah bisa ketahuan dari munculnya suara dengung. 

"Saat mobil jalan pelan, bunyi dengung terdengar dari kabin. Gigi gardan tidak presisi dan ada jarak antar komponen. Putaran gear jadi kasar," ucap Bambang kepada Kompas.com, Minggu (25/9/2022). 

Bambang menjelaskan, ketika mendengar bunyi suara asing saat mobil jalan, bisa sambil memastikan kira-kira darimana asal bunyi tersebut. 

Jika penyakitnya gardan, biasanya disertai getaran yang terasa dari belakang, apalagi posisi gigi tinggi. 

"Jadi, seperti dengung tapi ada getaran yang dirasakan, kalau di perhatikan sumbernya dari belakang mobil. Coba, gunakan gigi tinggi, misal nanti ada suara aneh berarti gigi pinion gardan aus," kata dia. 

Ilustrasi pergantian oli gardan trucktrend.com Ilustrasi pergantian oli gardan

Bisa dilanjutkan cek langsung kondisi gardan, nomor satu diperhatikan adalah tidak ada oli rembes. Beberapa kasus, gasket oli gardan bocor namun tidak terdeteksi. 

Oli gardan berkurang, maka gigi dan gear di dalam bergesekan langsung dengan keras. Selain volume oli, bisa juga terpengaruh tingkat kekentalan oli yang sudah berkurang dan berubah encer.

Penggantian oli gardan pada mobil disarankan setiap 10.00 kilometer (km). Umumnya, untuk mobil jenis mobil keluarga seperti MPV, sedan, dan city car atau mobil kecil disarankan untuk menggunakan oli multigrade yaitu dengan spesifikasi SAE 75-90 atau 80W90.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.