Mitos atau Fakta, Transmisi CVT Tak Cocok Buat Tanjakan?

Kompas.com - 25/09/2022, 14:22 WIB
|

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kebanyakan mobil matik modern saat ini mengaplikasi sistem transmisi Continuously Variable Transmission (CVT).

Hal tersebut tak lepas dari banyak keunggulan yang diberikan. Seperti lebih nyaman karena perpindahan gigi rasionya yang lebih halus.

Selain itu, CVT juga dikatakan hemat konsumsi bahan bakar karena bisa memanfaatkan putaran rendah dari mesin menjadi putaran tinggi pada output transmisi.

Namun, buruknya banyak orang yang beranggapan bahwa transmisi CVT tidak cocok digunakan untuk nanjak.

Lantas, apakah hal tersebut benar adanya?

Baca juga: Daihatsu Rocky 1.2 CVT, Irit dan Terjangkau di Kelasnya

 

Transmisi New D-CVT (Dual Mode Continuously Variable Transmission) milik DaihatsuKompas.com/Donny Transmisi New D-CVT (Dual Mode Continuously Variable Transmission) milik Daihatsu

Pemilik Aha Motor Spesialis Nissan & Datsun Hardi Wibowo mengataka, kelemahan transmisi CVT salah satunya tidak cocok digunakan pada medan yang menanjak karena sudah menjadi karakter.

Transmisi CVT bisa dikatakan tidak cocok digunakan pada medan yang banyak jalanan menanjaknya, hal ini dikarenakan membutuhkan kerja keras bagi CVT untuk mampu melibas tanjakan,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Sabtu (24/9/2022).

Hardi mengatakan, CVT yang bekerja terlalu keras akan membuat oli CVT cepat panas. Sementara itu oli khusus untuk menjaga suhu tetap stabil yang dibutuhkan CVT itu bukan tanpa sebab, melainkan bila terjadi panas berlebih dapat membahayakan komponen di dalamnya.

Baca juga: Tips Berkendara Mobil CVT biar Irit BBM

“Untuk melibas tanjakan, biasanya pengendara mobil CVT akan menginjak pedal gas dalam-dalam, sehingga putaran mesin menjadi sangat tinggi, putaran input di transmisi juga tinggi, ini justru dapat membuat oli transmisi cepat panas,” ucap Hardi.

Test Drive Daihatsu Rocky 1.2 L KOMPAS.com/STANLY RAVEL Test Drive Daihatsu Rocky 1.2 L

Dia juga mengatakan beberpa pihak ada yang mengatakan tenaga CVT akan dibatasi ketika suhu oli transmisi sudah terlalu panas dan itu ada hubungannya dengan ketidakcocokannya dengan medan yang menanjak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.