Foto Viral Bus dengan As Roda Putus, Apa Potensi Penyebabnya?

Kompas.com - 25/01/2021, 10:02 WIB
As roda belakang bus putus FACEBOOK.com/NASUTION FARSIFAs roda belakang bus putus

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini, ada foto viral bus yang sedang berjalan di jalan tol dengan as roda belakang putus di internet. Peristiwa ini terjadi di ruas Tol Kebun Jeruk, Sabtu (23/1/2021). Beruntung tidak ada korban jiwa pada kejadian ini.

Namun melihat kejadian ini, sebenarnya agak jarang terjadi pada bus, lebih sering dialami oleh truk. Deputy GM Product Division PT Hino Motors Sales Indonesia Prasetyo Adi Yudho mengatakan, penyebab patahnya as roda belakang biasa karena beban berlebih.

“Kalau di truk, as belakang putus karena membawa beban yang berlebih kemudian melalui jalan yang berlubang dan berlumpur. Sehingga lama-lama retak dan akhirnya patah,” ucap Prasetyo kepada Kompas.com, Sabtu (23/1/2021).

Baca juga: Polisi Dilarang Melakukan Penilangan, Efektifkah Tilang Elektronik?

As roda belakang bus putusFACEBOOK.com/NASUTION FARSIF As roda belakang bus putus

Prasetyo menjelaskan, jalan yang berlumpur tadi membuat ban selip. Kemudian ditambah dengan beban yang berlebihan, terjadi puntiran pada as roda yang akhirnya bisa putus.

“Sedangkan kalau di bus, mungkin karena kondisi jalan yang tidak bagus terus tetap dalam kecepatan tinggi. Sehingga terjadi getaran yang berlebih,” kata Prasetyo.

Baca juga: Bocor, Honda Lagi Bangun Motor Listrik Jenis Sport

Selain itu, bisa juga disebabkan dari quality control. Misalnya seperti material yang kurang baik atau proses pembuatan yang keliru. Selain itu, PO bus tersebut juga seharusnya lebih memerhatikan kondisi bus ketika mau beroperasi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X