Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/09/2022, 15:42 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kawasaki tampaknya sedang menyiapkan sebuah motor baru yang siap diluncurkan pada bulan depan. Dari info dan bocoran yang beredar, kabar ini mengerucut pada sebuah model yang benar-benar baru, yaitu Kawasaki Ninja ZX-4R.

Dilansir dari tayangan Youtube Kawasaki Indonesia berjudul ‘Kawasaki New Product Launch Trailer’ (24/9/2022), terlihat bahwa produk baru yang akan meluncur merupakan keluarga Ninja ZX.

Di sana tertulis juga bahwa peluncuran akan dilangsungkan pada 1 Oktober 2022, dan disiarkan secara langsung pada akun tersebut pada pukul 08.00 WIB.

Baca juga: Motor Listrik Alva One Siap Dikirim ke Konsumen November 2022

Ilustrasi render motor baru Kawasaki ZX-4RDok. Shinji Miyakubo Ilustrasi render motor baru Kawasaki ZX-4R

Adapun First Public Showing atau pertunjukan publik pertama akan dihelat di PT Kawasaki Motor Indonesia, yang berlokasi di Jalan Abdul Muis, Jakarta, dimulai jam 09.00 sampai 16.00 WIB.

Sayangnya, sepanjang tayangan video berdurasi 29 detik tidak nampak bocoran gambar atau siluet motor yang dimaksud.

Meski begitu, kemunculan Kawasaki Ninja ZX-4R sempat termonitor dari registrasi kendaraan VIN 2023 pada U.S. National Highway Traffic Safety Administration di Amerika Serikat.

Baca juga: Indika Energy dan Foxconn Kerja Sama Produksi Mobil Listrik

Di sana muncul kode bertuliskan ZX400PP dan ZX400SP yang diduga merupakan model baru Kawasaki Ninja ZX-4R. Tertulis juga bahwa kapasitas mesin yang diusung sebesar 399 cc.

Bahkan gambar render ZX-4R sempat diprediksi oleh seniman digital asal Jepang, Shinji Miyakubo, yang mencoba melakukan sketsa serealistis mungkin.

Kalau diperhatikan, bahasa desain hingga dimensi dan rangka yang dipakai Kawasaki Ninja ZX-4R identik dengan Ninja ZX-25R.

Baca juga: Blue Bird Ungkap Tantangan Pakai Mobil Listrik

Kawasaki Ninja ZX-25R MY 2022Dok. KMI Kawasaki Ninja ZX-25R MY 2022

Paling kelihatan bedanya tentu saja dari tampilan grafis atau emblem ZX-4R atau 400 yang terpasang, menunjukkan perbedaan mesin yang digendong.

Selain itu, dari bagian kaki-kaki ada perbedaan di bagian suspensi serta pengereman yang digunakan. Suspensi depan Ninja ZX-4R bakal menggunakan upside down Showa SFF-BP, dengan rem depan pakai kaliper radial dan cakram ganda.

Kalau dilihat dari sebelah kanan, kemungkinan knalpot juga berbeda. Di mana punya Ninja ZX-4R pakai model silencer yang lebih panjang.

Baca juga: Hasil FP2 MotoGP Jepang 2022, Marquez Memimpin

Kawasaki ZX-25RFoto: Autoby Kawasaki ZX-25R

Untuk meningkatkan traksi, ban belakang juga diyakini pakai ukuran satu step lebih besar dari ZX-25R serta panel instrumen digital dengan layar TFT LCD.

Bicara soal mesin, ZX-4R juga menggunakan mesin 4 silinder segaris DOHC yang basisnya mirip dengan ZX-25R, namun kapasitasnya terdongkrak jadi 399 cc atau dibulatkan menjadi 400 cc.

Dengan kapasitas mesin lebih besar, diharapkan tenaga yang dihasilkan tentu ikut naik, yang diprediksi bakal tembus angka sekitar 60 tk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com