Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Motor Baru Kawasaki ZX-4R Meluncur Bulan Depan?

JAKARTA, KOMPAS.com – Kawasaki tampaknya sedang menyiapkan sebuah motor baru yang siap diluncurkan pada bulan depan. Dari info dan bocoran yang beredar, kabar ini mengerucut pada sebuah model yang benar-benar baru, yaitu Kawasaki Ninja ZX-4R.

Dilansir dari tayangan Youtube Kawasaki Indonesia berjudul ‘Kawasaki New Product Launch Trailer’ (24/9/2022), terlihat bahwa produk baru yang akan meluncur merupakan keluarga Ninja ZX.

Di sana tertulis juga bahwa peluncuran akan dilangsungkan pada 1 Oktober 2022, dan disiarkan secara langsung pada akun tersebut pada pukul 08.00 WIB.

Adapun First Public Showing atau pertunjukan publik pertama akan dihelat di PT Kawasaki Motor Indonesia, yang berlokasi di Jalan Abdul Muis, Jakarta, dimulai jam 09.00 sampai 16.00 WIB.

Sayangnya, sepanjang tayangan video berdurasi 29 detik tidak nampak bocoran gambar atau siluet motor yang dimaksud.

Meski begitu, kemunculan Kawasaki Ninja ZX-4R sempat termonitor dari registrasi kendaraan VIN 2023 pada U.S. National Highway Traffic Safety Administration di Amerika Serikat.

Di sana muncul kode bertuliskan ZX400PP dan ZX400SP yang diduga merupakan model baru Kawasaki Ninja ZX-4R. Tertulis juga bahwa kapasitas mesin yang diusung sebesar 399 cc.

Bahkan gambar render ZX-4R sempat diprediksi oleh seniman digital asal Jepang, Shinji Miyakubo, yang mencoba melakukan sketsa serealistis mungkin.

Kalau diperhatikan, bahasa desain hingga dimensi dan rangka yang dipakai Kawasaki Ninja ZX-4R identik dengan Ninja ZX-25R.

Paling kelihatan bedanya tentu saja dari tampilan grafis atau emblem ZX-4R atau 400 yang terpasang, menunjukkan perbedaan mesin yang digendong.

Selain itu, dari bagian kaki-kaki ada perbedaan di bagian suspensi serta pengereman yang digunakan. Suspensi depan Ninja ZX-4R bakal menggunakan upside down Showa SFF-BP, dengan rem depan pakai kaliper radial dan cakram ganda.

Kalau dilihat dari sebelah kanan, kemungkinan knalpot juga berbeda. Di mana punya Ninja ZX-4R pakai model silencer yang lebih panjang.

Untuk meningkatkan traksi, ban belakang juga diyakini pakai ukuran satu step lebih besar dari ZX-25R serta panel instrumen digital dengan layar TFT LCD.

Bicara soal mesin, ZX-4R juga menggunakan mesin 4 silinder segaris DOHC yang basisnya mirip dengan ZX-25R, namun kapasitasnya terdongkrak jadi 399 cc atau dibulatkan menjadi 400 cc.

Dengan kapasitas mesin lebih besar, diharapkan tenaga yang dihasilkan tentu ikut naik, yang diprediksi bakal tembus angka sekitar 60 tk.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/24/154200815/motor-baru-kawasaki-zx-4r-meluncur-bulan-depan-

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.