Subaru Belum Tertarik Jualan Mobil Listrik di Indonesia

Kompas.com - 24/09/2022, 13:42 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki era kendaraan listrik, sejumlah produsen otomotif saat ini tengah berlomba-lomba menghadirkan produk-produk terkini mulai dari mobil-mobil hybrid hingga battery electric vehicle (BEV).

Meski begitu, pabrikan otomotif asal Jepang Subaru nampaknya masih enggan untuk menghadirkan kendaraan bermotor berbasis baterai alias electric vehicle (EV).

Menurut Arie Christopher, Chief Operating Officer Subaru Indonesia, proses perubahan era dari kendaraan bensin ke era elektrifikasi butuh waktu yang cukup, terutama dalam segi infrastruktur di Indonesia.

Baca juga: Subaru Serahkan All New BRZ untuk 8 Konsumen Pertama

Sehingga dalam jangka waktu dekat, pihaknya belum ada rencana untuk meluncurkan kendaraan dengan tenaga listrik.

“Kalau ditanya rencana pasti ada, tetapi belum dalam waktu dekat saat ini. Karena mobil listrik itu kan harus memperhatikan infrastruktur secara matang dan membutuhkan waktu,” ucap Arie saat ditemui di kawasan Pantai Indah Kapuk, Sabtu (24/9/2022).

SUV listrik Subaru SolterraSUBARU.com SUV listrik Subaru Solterra

Di Jepang sendiri, Subaru sudah menjual crossover elektrik Solterra sebagai mobil listrik terbarunya ke pasar global. Untuk Amerika Serikat, diketahui mobil akan dikirimkan pada 2023.

Lantas, apakah nantinya Subaru bakal memboyong mobil listrik Solterra ke pasar Indonesia?

“Secara global Subaru sudah mempunyai mobil listrik yaitu soltera yang bekerja sama dengan sister company. Tapi saat ini kita belum membawa Solterra ke Indonesia,” katanya.

Baca juga: Obat Ganteng untuk All New Subaru BRZ

Arie pun melanjutkan, bahwa Subaru memiliki karakter dan segmen yang agak berbeda dengan produsen mobil lain di Indonesia. Sehingga, pihaknya masih akan berfokus untuk memasarkan line up yang ada saat ini.

“Karakter dan segmen kita agak berbeda dengan mobil lain, jadi masih mempertahankan mobil line up lainnya (non listrik). Bukan berarti belum ada rencana (beralih ke mobil listrik). Rencana sudah ada, tapi harus dipersiapkan secara matang,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.