Kompas.com - 23/09/2022, 17:22 WIB

JAKARTA. KOMPAS.com - Salah satu fungsi dari karpet mobil, yaitu untuk menjaga kebersihan, hingga kenyamanan pengemudi dan penumpang selama di perjalanan. Akan tetapi, apabila salah pasang, malah bisa menimbulkan masalah besar.

Beberapa kecelakaan lalu lintas yang terjadi akibat salah pasang karpet. Pelapis lantai mobil itu bisa mengakibatkan pedal gas tersangkut sampai mengakibatkan terjadinya kecelakaan.

Seperti contoh video yang diunggah oleh pengguna akun Twitter bernama @dapunta_hyang99. Rekaman tersebut menunjukan satu unit mobil yang mengalami rusak parah di bagian depan.

Baca juga: ETLE Mobile Akan Segera Diterapkan di DKI Jakarta

Dalam narasi tersebut, dijelaskan insiden itu terjadi lantaran posisi karpet ternyata menginjak pedal gas. Setelah diinjak, pedal gas tidak kembali ke posisi semula akibat tersangkut karpet mobil. Alhasil, kendaraan kehilangan kendali karena laju yang tidak dapat dihentikan.

Menanggapi hal ini, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, menganti karpet merupakan satu keputusan yang salah dalam memodifikasi kendaraan jika asal dalam melakukan penggantian.

"Karpet yang diganti dengan yang bukan orisinal harus sesuai panjang dan lebarnya dengan yg asli," ucap Sony saat dihubungi Kompas.com, Kamis (23/9/2022).

Selain itu, menurut Sony materialnya pun harus diperhatikan. Tidak boleh menggunakan bahan yang licin agar tidak mudah bergerak.

Baca juga: Cek Harga City Car di Pasaran Mobil Bekas, Mulai Rp 60 Jutaan

"Materialnya tidak licin dan tidak mudah bergerak. Selanjutnya juga tidak mengeluarkan bau yang menyengat," kata dia.

Sementara itu, ketika pengemudi mendapati situasi urgent atau darurat seperti karpet tersangkut pedal gas. Sony menyarankan untuk tidak panik.

"Kalau sampai tersangkut, prinsipnya adalah memperlambat lajunya. Maka jangan panik dan injak pedal rem atau tarik parking brake," kata dia.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.