Salah Kaprah, Perawatan Mobil Matik Tidak Perlu Kuras Oli Transmisi

Kompas.com - 23/09/2022, 08:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu bentuk perawatan pada mobil matik adalah mengganti oli transmisi secara rutin. Namun, ada anggapan bahwa tidak cukup hanya mengganti oli, tapi perlu juga mengurasnya.

Sebagian orang beranggapan bahwa di dalam bak oli transmisi, lama kelamaan akan terdapat banyak kotoran. Sehingga, perlu dikuras untuk mengeluarkan semua oli dan kotorannya.

Baca juga: Beda Biaya Ganti Oli Transmisi Matik dan Flushing

Technical Service Division Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi, mengatakan, sebenarnya hal tersebut tidak perlu dilakukan.

Proses penggantian oli transmisi matikDicky Aditya Wijaya Proses penggantian oli transmisi matik

"Saya dari dulu suka matik, karena saya tidak mau capek. Perawatan juga saya cuma ganti 2 liter saja, tidak perlu flushing, saat 80.000 km atau 4 tahun," ujar Bambang, kepada wartawan, saat ditemui di Sunter, beberapa waktu lalu.

Secara teknik, menurut Bambang, tidak perlu kuras oli mesin asalkan rutin mengganti oli sesuai dengan waktunya. Kecuali, ada kotoran yang masuk, berarti perlu dikuras, atau setelah dilakukan overhaul.

Baca juga: Apa Benar Oli Transmisi CVT Tak Bisa Dikuras?

"Tapi, kalau dari pertama memang sudah tidak ada masalah, maka tidak perlu dikuras," kata Bambang.

Ilustrasi oli transmisi.SHUTTERSTOCK Ilustrasi oli transmisi.

Bambang mengatakan, di dalam transmisi sudah ada filter. Menurutnya, kotoran di dalam transmisi matik pasti ada, karena ada friksi. Tapi, beda kondisinya dengan oli mesin.

"Oli mesin lebih cepat kotor, karena ada karbon. Ruang bakar itu kan menghasilkan karbon, ada gasnya. Kalau transmisi, lebih bersih, karena hanya komponen yang bergerak secara mekanis saja," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.