Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xpander Tabrak Angkot, Pakar Sebut Ada Potensi Salah Injak Pedal

Kompas.com - 23/09/2022, 06:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mitsubishi Xpander berwarna silver menabrak angkot di Sukabumi di Jalan RA Kosasih, Kecamatan Sukaraja, Sukabumi, Kamis (22/9/2022) sekitar pukul 10.00 WIB.

Dikutip dari NTMC, akibat kecelakaan tersebut tiga orang meninggal dunia dan tiga lainnya mengalami luka berat. Kecelakaan itu terjadi di persimpangan Jalan RA Kosasih, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi.

Awalnya, angkot bergerak dari arah Sukabumi menuju Sukaraja. Kemudian, Xpander silver tersebut ingin keluar dari komplek Pesona Cibeureum Permai dan terlihat hilang kendali dan menabrak angkot yang melintas.

Baca juga: Imbas Kecelakaan Tol Pejagan, BUJT Diminta Pasang CCTV

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by INFO JAWA BARAT (@infojawabarat)

 

“Terjadi kecelakaan antara minibus mitsubishi Xpander pada saat keluar dari Pesona Cibeureum hilang kendali sehingga menabrak angkutan kota jurusan Terminal Sukaraja. Kecelakaan itu terjadi diduga dari kelalaian pengemudi Xpander,” kata Kanit Gakkum Sat Lantas Polres Sukabumi Kota Ipda Jajat Munajat.

Kalau dilihat dari video yang diunggah akun infojawabarat di Instagram, tampak detik-detik sebelum kejadian yang tertangkap kamera CCTV. terlihat Xpander melaju cukup kencang dan tidak ada tanda-tanda mengerem saat masuk ke jalan utama.

Menanggapi hal tersebut, Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan, menurutnya kejadian seperti ini tidak normal.

Baca juga: Harga Mitsubishi Pajero Sport September 2022 dan Skema Cicilan

"Kalau orang yang normal, pasti kecepatan kendaraannya disesuaikan dengan kondisi lingkungannya. Apalagi habis keluar komplek, harusnya berhenti sebelum persimpangan," kata Sony kepada Kompas.com, Kamis (22/9/2022).

Menurutnya, dari video tersebut ada kemungkinan kalau pengemudinya stress, gagal operasional, marah, dan masih banyak kemungkinan lain. Gagal operasional seperti salah injak pedal pun mungkin terjadi.

"Banyak faktor sih, bisa juga salah injak pedal. Kalau salah injak, jangan panik, angkat kaki dari pedal dan tarik parking brake," kata Sony.

Sony menambahkan, saat mengemudi, biasakan tidak terburu-buru. Sehingga kecelakaan seperti ini bisa dihindari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com