Tiga Metode Tambal Ban Tubeless, Mana yang Paling Baik?

Kompas.com - 23/09/2022, 07:42 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Kebanyakan sepeda motor keluaran baru saat ini sudah mengusung ban tubeless sebagai standar bawaan pabrik.

Sayangnya, meski lebih modern dan tidak telalu ribet, tapi secara perlakuan saat mengalami kebocoran akan tetap sama, yakni harus ditambal. 

Pengguna ban tubeless wajib tahu bila ada tiga metode umum menambal saat mengalami kebocoran di jalan. Caranya berbeda dengan konvensional yang menggunakan ban dalam.

Ketiganya adalah tip top, cacing, dan payung. Masing-masing menawarkan keunggulan, karena itu jangan sampai asal memilih.  

Baca juga: Ban Motor Botak Mesti Ganti, Bukan Diukir Ulang

Motode yang satu ini kerap dijumpai dan banya dipraktikan tukan tambal ban pinggi jalan karena menawarkan praktis, murah, dan cepat.

Sayangnya, tambal ban cacing tidak ramah terhadap karet ban. Prosesnya dilakukan dengan ditusuk, yakni ketika memasukkan karet penambal. 

Tambal ban motor tubeless model cacing Dicky Aditya Wijaya Tambal ban motor tubeless model cacing

Dengan ditusuk, karet permukaan ban bisa rusak atau getas. Selai itu, tambalan yang tidak sempurna juga berpotensi mengelupas dan membuat area bocor melebar. 

Menurut Aan Nugroho Product Development Manager Otobox Supermarket Ban Indonesia, satu tambalan saja struktur karet kompon ban sudah berubah, apalagi lebih. 

Baca juga: Metode Tambal Ban Tubeless, Mana yang Paling Benar?

"Ban tubeless terdiri beberapa lapis, dengan ditusuk struktur lapisan dalam berubah. Ban jadi gampang bocor, bahkan permukaan samping bisa benjol," ucap Aan kepada Kompas.com, Kamis (22/9/2022). 

  • Tambal ban payung

Tambal ban model ini sedikit lebih rumit karena harus melepas pelek. Tambalan dilakukan pada bagian dalam ban, memakai bulatan karet pipih yang kemudian di-press pada ban.

Tambal ban tubeless model payungKompas.com Tambal ban tubeless model payung

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.