Kompas.com - 22/09/2022, 17:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Honda New CBR250RR mengalami peningkatan tenaga dari sebelumnya, meskipun masih mengusung mesin yang sama.

Secara umum, memang motor ini masih menawarkan desain yang mirip dengan model lama. Tapi dari sektor mesin ada banyak ubahan.

Meski begitu, ubahan spek mesin hanya berlaku pada varian Honda New CBR250RR SP dan SP-Quick Shifter. Adapun CBR250RR standar masih mengusung mesin lama.

Baca juga: Ada Fenomena Antrean Kendaraan di SPBU, Beli BBM Bisa 20 Menit

New Honda CBR250RRKOMPAS.com/Adityo New Honda CBR250RR

Di atas kertas, Honda New CBR250RR diklaim mengalami peningkatan tenaga di putaran mesin yang sama, dari 40,6 dk ke 41,6 dk pada 13.000 rpm. Sementara torsi maksimum yang bisa diraih masih sama, yaitu sebesar 25 Nm pada 11.000 rpm.

Endro Sutarno, selaku Technical Service Division PT Astra Honda Motor, mengatakan, walaupun kenaikannya hanya 1 tk, namun ada banyak banyak perubahan yang diterapkan di bagian mesin.

Menurutnya, ubahan pertama adalah kompresi mesin uang mengalami kenaikan, dari sebelumnya 12,1:1, naik menjadi 12,5:1.

Baca juga: Wuling Air ev Pakai Ban 12 Inci, Baru Tersedia di Diler Saja

“Durasi noken as atau camshaft yang digunakan berbeda, hasilnya performa mesin jadi meningkat. Lalu spek tekanan ring piston berbeda, sehingga menghasilkan gesekan piston yang lebih ringan,” ujar Endro di Karawang, Jawa Barat, belum lama ini.

Kemudian, ubahan berlanjut ke flow jalur intake manifold yang ditingkatkan, sehingga udara bisa masuk lebih lancar ke ruang bakar.

“Pada bagian magnet bobotnya dibuat lebih ringan dengan tujuan agar mesin bisa berkitir lebih ringan. Selain itu, komponen lifter atau tonjokan rantai keteng juga dibuat lebih kuat agar tetap stabil saat dipacu di putaran tinggi,” ucap Endro.

Baca juga: Harga Mitsubishi Pajero Sport September 2022 dan Skema Cicilan

New Honda CBR250RRKOMPAS.com/Adityo New Honda CBR250RR

Endro juga mengatakan, rasio transmisi 6 percepatan yang terpasang juga baru dan diklaim membuat motor berakselerasi cepat dan meningkat kecepatan maksimal.

Bahkan efisiensi bahan bakar juga disebut lebih baik dari sebelumnya, lantaran kerja mesin dibuat lebih ringan.Namun demikian, Endro tidak bisa mengungkap seberapa besar efisiensi pada New CBR250RR.

Tak ketinggalan, final gear alias gir kini pakai kombinasi ukuran 14-42 dari sebelumnya 14-41 sehingga tetap bertenaga pada putaran bawah, tanpa kehilangan napas di putaran atas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.