Kompas.com - 22/09/2022, 14:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil bekas dapat menjadi alternatif bagi yang ingin memiliki mobil dengan dana terbatas. Saat ini, unit yang dijual di pasar mobil bekas dijual dengan harga beragam.

Beberapa mobil keluaran tahun lama dijual dengan harga rendah, namun ada juga yang harganya tetap tinggi. Faktor interior, eksterior, dan mesin menjadi beberapa faktor yang mempengaruhi harga jual mobil.

Masih ada mobil-mobil yang tetap tinggi harganya walaupun di pasaran mobil bekas. Beberapa di antaranya adalah Mitsubishi Pajero Sport dan Honda Jazz.

Baca juga: Cek Harga Bekas Mitsubishi Pajero Sport per September 2022

"Kalau Pajero sendiri, secara harga jual masih di kisaran Rp 490 juta hingga Rp 510 juta," ucap staf Mobil88, Bayu, kepada Kompas.com, Rabu (21/9/2022).

Ia memaparkan, unit yang dimaksud adalah unit dari tahun 2018 ke bawah.

"Karena cycle pemakaian mobil biasanya di 4 sampai 5 tahun," kata Bayu.

Unit Pajero sendiri harga barunya mulai Rp 500 jutaan. Jika dibandingkan dengan harga bekasnya, harga Pajero baru tidak berbeda jauh dengan unit baru.

Mobil bekas Pajero Sport DakarDicky Aditya Wijaya Mobil bekas Pajero Sport Dakar

Sedangkan Andi dari diler mobil bekas Jordy Mobil MGK Kemayoran mengatakan, mobil yang masih tinggi harga bekasnya adalah Honda Jazz dan Honda Freed.

"Mobil yang harga jualnya tetap tinggi, Honda Jazz RS, Honda Freed," ucap Andi kepada Kompas.com.

Baca juga: Ini Jenis SIM untuk Pemilik Mobil Listrik

Honda Jazz sendiri masih menjadi salah satu hatchback yang digemari di kalangan masyarakat. Namun, PT Honda Prospect Motor (HPM) sudah resmi menghentikan produksi Jazz tahun lalu.

Sebelumnya, Honda Jazz sudah mengaspal selama 18 tahun. Produksinya kemudian dihentikan karena generasi keempatnya dirasa tidak cocok untuk konsumen Indonesia. Tempatnya saat ini digantikan oleh Honda City Hatchback.

Ilustrasi Honda Freed tahun 2016Istimewa Ilustrasi Honda Freed tahun 2016

Sedangkan Honda Freed masih jadi salah satu mobil keluarga yang dicari di Indonesia. Unitnya sudah tidak lagi dipasarkan di Indonesia, namun harga jualnya masih terbilang tinggi.

"Untuk (tahun) 2018 type RS masih kisaran Rp 250 juta, Freed 2013 kisaran Rp 160 jutaan," ucap Andi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.