Ini Jenis SIM untuk Pemilik Mobil Listrik

Kompas.com - 21/09/2022, 15:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Mobil listrik saat ini menjadi salah satu kendaraan yang pamornya sedang diperhitungkan di Indonesia.

Kendati demikian, kepemilikan Surat Izin Mengemudi (SIM) merupakan dokumen penting yang wajib dimiliki untuk segala jenis kendaraan, termasuk mobil listrik.

Baca juga: Aleix Espargaro Optimistis Bisa Curi Gelar Juara Dunia

Pada Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021 pada pasal 3 ayat (1) disebutkan jika SIM terdiri dari SIM Kendaraan Bermotor Perseorangan, SIM Kendaraan Bermotor Umum, dan SIM Internasional.

Dari tiga klasifikasi SIM tersebut, dibagi lagi berdasarkan jenis golongan kendaraan. Contohnya bagi setiap pemilik motor listrik haruslah memiliki SIM C berdasarkan golongan C1 dan C2.

Lalu bagaimana dengan kepemilikan mobil listrik?


Saat ini untuk semua jenis kepemilikan mobil, baik itu mobil listrik haruslah memiliki SIM A.

Pada Perpol Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan SIM tepatnya pada pasal 3 ayat 2 poin a tertulis jika SIM A berlaku bagi pengemudi mobil dengan jumlah berat paling tinggi 3.500 kg berupa mobil penumpang perseorangan.

SIM A untuk pengendara apa? SIM A untuk pengendara mobil harus diperpanjang setiap lima tahun sekali. Bagaimana syarat, cara, dan biaya perpanjang SIM A?freepik.com SIM A untuk pengendara apa? SIM A untuk pengendara mobil harus diperpanjang setiap lima tahun sekali. Bagaimana syarat, cara, dan biaya perpanjang SIM A?

Baca juga: Mitsubishi Fuso Kuasai Pasar Kendaraan Niaga Agustus 2022

Berikut rincian kepemilikan SIM A :

  • SIM A, berlaku untuk mengemudikan Ranmor dengan jumlah berat yang diperbolehkan paling tinggi 3.500 kg (tiga ribu lima ratus kilogram) berupa mobil penumpang perseorangan dan mobil barang perseorangan
  • SIM A Umum, berlaku untuk mengemudikan Ranmor dengan jumlah berat yang diperbolehkan paling tinggi 3.500 kg (tiga ribu lima ratus kilogram) berupa mobil penumpang umum dan mobil barang umum.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.