Kompas.com - 22/09/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini ada dua nama skutik bongsor bergaya petualang di Indonesia yang dapat disandingkan, yaitu Honda ADV 160 dan Aprilia SR-GT 200.

Secara kelas ADV 160 dan SR-GT 200 memang berbeda, secara harga keduanya juga tidak masuk. Tapi jika dilihat dari segmen yang dimasuki yaitu skutik adventure maka keduanya dapat disandingkan.

ADV 160 meluncur pada Juni lalu adapun Aprilia SR-GT 200 resmi meluncur Juli lalu. Khusus buat Aprilia motor yang diperkenalkan di GP Mandalika Maret lalu ini jadi senjata Aprilia terjun di segmen skutik bongsor.

Baca juga: Uji Emisi Gratis di Tangerang Masih Ada Sampai Besok, Simak Lokasinya

Test ride Honda ADV 160KOMPAS.com/GILANG SATRIA Test ride Honda ADV 160

Sebelumnya Kompas.com sudah mengulas perbandingan desain dan fitur, maka kali ini akan mengulas rasa berkendara.

Untuk diketahui, ADV 160 membawa ubahan utama pada sektor performa, di mana mesin telah mengusung teknologi eSP+ yang identik dengan PCX 160.

Dapur pacu berkapasitas 157,9 cc SOHC 4 katup berpendingin cairan itu, diklaim sanggup memproduksi tenaga 15,8 tk pada 8.500 rpm dan torsi maksimum 14,7 Nm pada 6.500 rpm.

Bila dibandingkan dengan ADV 150 yang mengusung mesin SOHC berkapasitas 149,3 cc ada perbedaan performa.

Baca juga: Harga Honda BeAT Street Bekas, Mulai Rp 11 Jutaan

Tes Aprilia SR-GT 200 KOMPAS.com/Dio Tes Aprilia SR-GT 200

Saat dijajal di jalan perkotaan, penyaluran tenaga ADV 160 cukup bertenaga. Melaju stop and go di tengah kemacetan terasa ringan tanpa beban. Putaran gas tak perlu dipuntir terlalu dalam, motor sudah dapat melaju cepat.

Saat dibawa ke rute luar kota, mesin ADV juga terasa mumpuni berkat teknologi 4 katup yang diusungnya. Napas mesin terasa cukup panjang di berbagai rute, membuat performanya bisa dibilang "nendang" di putaran atas.

Sementara handling, saat dibawa menikung di jalur berkelok tidak begitu istimewa, lantaran ban yang digunakan merupakan tipe dual purpose.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.