Kompas.com - 22/09/2022, 11:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Oli menjadi salah satu komponen penting untuk mesin kendaraan bermotor. Ada berbagai jenis oli motor yang bisa ditemukan di pasaran.

Secara umum, ada dua jenis pelumas yang dijual di pasaran. Ada oli mesin untuk motor matik dan oli mesin untuk motor manual. Indikator pembedanya adalah kode JASO yang terletak pada kemasan.

Penggunaan jenis oli sebaiknya sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi motor, agar performa motor tetap terjaga dan mesin tidak rusak.

Baca juga: Oli Motor Matik Beda dengan Motor Manual

Kode JASO MA digunakan untuk motor dengan kopling basah. Sedangkan oli dengan kode JASO MB digunakan untuk sepeda motor dengan kopling kering, misalnya skutik. Pemakaian oli yang tidak sesuai spesifikasi motor dapat menurunkan kinerja mesin.

Selain itu, pemilik motor juga harus memperhatikan waktu penggantian oli motor. Karena, ini harus dilakukan secara berkala untuk menjaga performa mesin motor.

Misalnya, untuk sepeda motor matik (skutik) Honda BeAT. Penggantian olinya harus dilakukan secara berkala, disesuaikan dengan jadwal perawatan. Hal ini diutarakan oleh Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno.

Seorang mekanik sedang melakukan ganti oli motor dengan produk oli motor X-Ten untuk motor harian dengan daya tahan tinggi.X-Ten Seorang mekanik sedang melakukan ganti oli motor dengan produk oli motor X-Ten untuk motor harian dengan daya tahan tinggi.

"(Penggantian oli mesin motor) sesuai dengan jadwal perawatan, di setiap 4.000 km," ucapnya kepada Kompas.com, Rabu (21/9/2022).

Telat mengganti oli motor dapat berpengaruh pada konsumsi bahan bakar. Misalnya, gesekan antar komponen mesin menjadi kasar sehingga dapat merusak komponen lainnya. Ini justru dapat membuat biaya perbaikannya justru lebih mahal ketimbang biaya ganti oli.

Baca juga: Menanti Motor Listrik Murah Honda

Maka dari itu, pemilik sepeda motor perlu mengingat jadwal penggantian oli secara berkala. Penggantian lebih cepat dari waktu yang ditentukan juga boleh dilakukan.

"Kalau konsumen mau ganti olinya lebih cepat, juga tidak masalah," ucap Endro.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.