Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Hiasan, Ini Fungsi Tombol Defogger di Mobil

Kompas.com - 19/09/2022, 11:02 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Tombol defogger hampir tersedia di semua mobil, karena komponen ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk menunjang keselamatan dalam berkendara.

Seperti namanya, komponen ini berfungsi untuk menghilangkan kabut yang menempel di kaca mobil. Terutama ketika cuaca di luar kabin lebih dingin daripada di dalam.

Meski memiliki fungsi yang sangat penting, jarang pengendara yang memanfaatkan tombol tersebut ketika sedang dibutuhkan. Padahal, tombol defogger bukan sekadar pemanis di dalam kabin.

Baca juga: Buat yang Belum Tahu, Ini Fungsi Defogger pada Mobil

Panel ACKompas.com/Erwin Setiawan Panel AC

Foreman Aha Motor Spesialis Nissan & Datsun Aji Dwi Nugroho, mengatakan tombol defogger bisa diaktifkan ketika cuaca di luar kabin lebih dingin, untuk mengurangi embun atau kabut di kaca mobil yang menghalangi pandangan.

“Biasanya, ketika mobil melaju di area yang sejuk seperti pegunungan, atau di bawah hujan, maka kaca mobil bisa saja berembun di sisi dalamnya, hal itu merupakan proses alami karena perbedaan suhu dalam dan luar kabin, itu mengganggu makanya ada defogger,” ucap Aji kepada Kompas.com, Minggu (18/9/2022).

Defogger memiliki beberapa metode untuk menjalankan fungsinya dengan baik yaitu dengan menggunakan pemanas kaca dan embusan angin AC.

Baca juga: Salah Merawat, Defogger Kaca Mobil Juga Bisa Rusak

Ilustrasi defogger.yourmechanic.com Ilustrasi defogger.

“Untuk kaca belakang, biasanya ada garis-garis yang membentuk pola, itu bukan sekadar desain tapi untuk memanasakan kaca sehingga embun tidak menutupi kaca belakang saat mobil melaju di bawah hujan atau area dingin,” ucap Aji.

Dia mengatakan bila kaca belakang terhalang oleh embun, maka pengemudi tidak bisa memantau kondisi di belakang mobil lewat spion tengah, itu cukup berbahaya.

“Untuk kaca depan tidak menggunakan pemanas biasanya, tapi mengandalkan embusan angin AC, jika tombol defogger diaktifkan maka embusan angin AC akan mengarah ke kaca depan untuk mengurangi embun di kaca,” ucap Aji.

Jadi, tombol defogger ini sangat penting untuk menunjang keselamatan pengendara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com