Kompas.com - 16/09/2022, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) tentang penggunaan mobil listrik berbasis baterai digunakan sebagai kendaraan dinas.

Memang bisa dibilang, lini produk battery electric vehicle (BEV) di Indonesia belum cukup banyak. Salah satu merek yang punya produk mobil listrik adalah Lexus UX 300e.

Saat ini, mobil SUV Lexus tersebut memang masih impor dengan status CBU Jepang. Lalu bagaimana jika nanti mengalami kenaikan permintaan untuk memenuhi kebutuhan kendaraan dinas pemerintah?

Baca juga: Lexus Dukung Mobil Dinas Harus BEV, Siap Hadirkan Produk Lain

Mobil listrik Lexus UX 300e saat melakukan pengisian daya di SPKLU.KOMPAS.com/GILANG SATRIA Mobil listrik Lexus UX 300e saat melakukan pengisian daya di SPKLU.

Bansar Maduma, General Manager Lexus Indonesia mengatakan, sampai sekarang, permintaan akan model elektrifikasi Lexus terus berdatangan.

"Demand terhadap model-model elektrifikasi kami terus berdatangan. Kami sedang berupaya maksimal juga untuk memenuhi kebutuhan tersebut," ucap Bansar kepada Kompas.com, Kamis (15/9/2022).

Berdasarkan data Gaikindo, impor Lexus UX 300e di 2022 dari Januari sampai Agustus tercatat ada 8 unit. Sedangkan di 2021, sepanjang tahun UX 300e diimpor sebanyak 26 unit.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Listrik di Indonesia, Mulai Rp 200 Jutaan


Untuk prediksi adanya permintaan UX 300e, Bansar mengatakan akan mengusahakan agar bisa tersedia. Hal ini juga seperti persiapan Lexus yang memboyong 143 unit UX 300e untuk kendaraan delegasi KTT G20 November nanti di Bali.

Sebelumnya, Lexus UX 300e resmi menjadi kendaraan delegasi KTT G20 di Bali, menggantikan Toyota bZ4X yang terkendala suplai. Bansar pun mengatakan kalau Lexus UX 300e paling siap digunakan.

“Kalau dilihat dari jajaran Lexus, UX 300e menjadi yang paling siap dalam mendukung G20. Dari segi jumlah dan ketepatan waktu,” ucap Bansar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.