Yamaha dan Toyota Kolaborasi Kembangkan Mesin Hidrogen

Kompas.com - 13/09/2022, 18:17 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Merek otomotif Yamaha dan Toyota bakal bekerja sama dalam pengembangan mesin hidrogen. Proyek kolaborasi ini jadi jawaban untuk meningkatkan variasi pilihan bahan bakar bagi mesin pembakaran internal.

Presiden Yamaha Motor Yoshihiro Hidaka, mengatakan, kendaraan bertenaga hidrogen bukanlah hal baru bagi mereka.

Meski begitu, teknologi di sekitarnya terus berkembang pesat, sehingga mereka akan melakukan penyesuaian dan pengembangan.

Baca juga: Adik Rossi Bertahan di Mooney VR46, Ini Daftar Pebalap MotoGP 2023

Baru-baru ini Toyota mengenalkan sebuah ATV konsep bernama ROV. Kendaraan rekreasi roda empat ini ditenagai oleh mesin hidrogen Lexus. RIDEAPART.com Baru-baru ini Toyota mengenalkan sebuah ATV konsep bernama ROV. Kendaraan rekreasi roda empat ini ditenagai oleh mesin hidrogen Lexus.

"Kami bekerja untuk mencapai netralitas karbon pada tahun 2050,” ujar Hidaka, disitat dari Ride Apart, Selasa (13/9/2022).

“Kami memiliki hasrat yang kuat terhadap mesin pembakaran internal untuk mengembangkan mesin terbaik di industri otomotif," kata dia.

Seperti diketahui, pengembangan mesin hidrogen menjadi jawaban untuk mempertahankan mesin konvensional. Bedanya, sumber tenaga berbasis hidrogen mampu menghasilkan pembakaran tanpa emisi.

Baca juga: Honda Mau Luncurkan Motor Listrik Niaga, Berapa Harganya?

Ilustrasi mesin hidrogen buatan KawasakiCYCLEWORLD.com Ilustrasi mesin hidrogen buatan Kawasaki

Di samping untuk penggunaan jalan raya, pengembangan mesin hidrogen tampaknya juga menyasar kendaraan offroad.

Terlebih baru-baru ini Toyota mengenalkan sebuah ATV konsep bernama ROV. Kendaraan rekreasi roda empat ini ditenagai oleh mesin hidrogen Lexus.

Selain bersama Toyota, Yamaha diketahui juga melakukan kerja sama dengan Kawasaki dalam pengembangan powertrain hidrogen. Meski pengembangan mesin hidrogen itu tampaknya belum usai.

Tapi yang jelas kedua pabrikan itu telah banyak berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan seputar bahan bakar alternatif, serta kendaraan listrik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.