Angka Kecelakaan Sepeda Motor Tahun Ini Sudah Tembus 120.284 Kasus

Kompas.com - 13/09/2022, 16:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Korlantas Polri mengungkapkan saat ini jumlah kecelakaan kendaraan bermotor yang melibatkan sepeda motor sudah mencapai 120.284 kasus dengan 85.691 kasus di antaranya menjadi penyebab laka.

Angka tersebut merupakan akumulasi sepanjang Januari-September 2022 alias sampai dengan akhir pekan lalu. Ini turun 12 persen apabila dibandingkan tahun lalu yang mencapai 97.095 kasus.

Hanya saja, sebagaimana dikatakan oleh Kasipullahjianta Dubditlaka Ditgakum Korlantas Polri AKBP Hendra Wahyudi, angka terkait bisa saja berubah seiring berjalannya waktu sampai akhir tahun.

Baca juga: Honda Siapkan Infrastruktur Battery Sharing Motor Listrik

Ilustrasi kecelakaan lalu lintas.GAS2.org Ilustrasi kecelakaan lalu lintas.

"Sebab data tahun ini baru sampai 11 September 2022 saja. Semoga saja tidak begitu," kata dia dalam rapat koordinasi bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) di Jakarta, Selasa (13/9/2022).

Dari jumlah kasus kecelakaan tersebut, 16.115 kasus di antaranya menyebabkan luka yang fatal terhadap pengemudi maupun penumpang. Sementara luka berat sebesar 7.918 kasus.

Adapun pengemudi dan penumpang yang mengalami luka ringan usai terjadi kecelakaan paling banyak yaitu berjumlah 101.205 orang.

Dengan temuan tersebut, maka dapat disimpulkan sepeda motor menyumbang angka tertinggi atas ketelibatan terjadinya kasus kecelakaan lalu lintas di jalan Indonesia, yaitu mencapai 80 persenan.

Sementara jenis kendaraaan lainnya, ialah angkutan barang (8 persen), bus (6 persen), mobil pribadi (2 persen), dan moda transportasi lainnya (4 persen).

"Tapi ini berdasarkan data 2020 dengan total jumlah kendaraan sepeda motor terlibat laka sebesar 258.842 kasus karena untuk tahun 2022 masih berjalan dan dihitung," ucap Hendra.

Baca juga: Honda Mau Luncurkan Motor Listrik Niaga, Berapa Harganya?

Ilustrasi kecelakaan sepeda motorhttps://www.lifehacker.com.au/ Ilustrasi kecelakaan sepeda motor

Oleh karenanya, Korlantas Polri bersama KNKT, Kementerian Perhubungan, dan pihak ATPM serta komunitas ingin meningkatkan keselamatan berkendara roda dua di Indonesia.

Salah satunya, seperti dikatakan Senior Investigator KNKT Ahmad Wildan lewat edukasi atau sosialisasi terkait pencegahan kecelakaan seperti edukasi teknik mengemudi sepeda motor di berbagai kondisi jalan.

"Ke depan coba kita buat sampling bagaimana kita mencegah kecelakaan pada kondisi jalan sub-standar, dan tipsnya apa, sehingga nanti pesannya sama," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.