Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Benar Mengisi BBM di Malam Hari Dapat Takaran Lebih Banyak?

Kompas.com - 12/09/2022, 13:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kenaikan harga BBM mendorong sebagian orang berpikir kreatif. Mulai melakukan modifikasi mesin atau menambahkan zat aditif pada bensin agar dapat meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar.

Bahkan sempat ada yang berpikir, bahwa ada peluang mendapatkan jumlah bahan bakar ketika membeli bensin pada waktu-waktu tertentu.

Salah satunya, muncul anggapan bahwa membeli bensin pada malam hari akan mendapatkan takaran lebih banyak. Lantas, apakah hal tersebut bisa dijelaskan secara teknis?

Baca juga: Mitos atau Fakta, Bensin Punya Masa kedaluarsa?

Pertamina menurunkan harga BBM Nonsubsidi jenis Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamax Dex per 1 September 2022.KOMPAS.com/Nur Jamal Sha'id Pertamina menurunkan harga BBM Nonsubsidi jenis Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamax Dex per 1 September 2022.

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan ada bebeapa logika yang bisa digunakan untuk menjelaskan kebenaran anggapan tersebut.

“Bukan malam, yang penting ketika sedang sepi, sebab kalau rame selain petugas buru-buru, motor pompa pengisian kemungkinan mengalami panas sehingga gelembung udara kemungkinan lebih banyak, otomatis bensin volumenya berkurang walau sangat kecil,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Minggu (11/9/2022).

Dia mengatakan panas dapat membuat bensin lebih mudah menguap, sehingga pompa bensin yang sedang panas karena penggunaan akan menyebabkan penguapan lebih dini, bahkan ketika sedang proses pengisian.

Baca juga: Efek Samping Mencampur Bensin Oktan Rendah dan Tinggi

Kenaikan harga PertamaxPERTAMINA Kenaikan harga Pertamax

“Kalau malam, bisa jadi molekul bensin yang lebih padat karena bensin lebih tenang, tidak bersirkulasi karena motor pompanya lama diam, itu penjelasan berdasarkan logika saja,” ucap Ibrohim.

Dia mengatakan jika ingin mengetahui lebih pasti sebaiknya melakukan penelitian atau melihat dari pernyataan pihak produsen bahan bakar.

Sementara itu, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan pengisian bahan bakar di malam atau siang hari sama saja.

Baca juga: Revvo 89 Jadi Bensin Paling Murah, Amankah Ditenggak Mobil Modern?

SPBU di Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah. Senin (5/9/2022)KOMPAS.com/Muchammad Dafi Yusuf SPBU di Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah. Senin (5/9/2022)

"Logikanya, walaupun ada volume bensin yang menguap kan tidak besar, jadi tidak masalah, mesin pompa bensin juga pasti sudah didesain khusus untuk menghindari penguapan karena panas," ucap Didi kepada Kompas.com, Senin (12/9/2022).

Jadi, selisih takaran yang terjadi sebenarnya sangat kecil antara mengisi BBM di malam atau siang hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com