Kompas.com - 10/09/2022, 16:22 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Imbas harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi yang naik, berdampak pada sejumlah biaya operasional lainnya.

Karena itu, Perusahaan Otobus (PO Bus) mulai mengambil ancang-ancang dari awal dengan tujuan mengantisipasi kerugian.

Dampak dari hal itu, kenaikan tarif bus Antarkota Antarprovinsi (AKAP) dan AKDP pun mengalami kenaikan yang beda-beda, tergantung jarak tempuh. 

Apalagi pelayanan bus sudah semakin baik. Rute antarprovinsi dan antar pulau semuanya di tempuh lewat jalur tol dengan tujuan mempercepat perjalanan dan memberikan kenyamanan bagi para penumpang. 

Baca juga: Tarif Bus AKAP dan AKDP di Semarang Mulai Naik

Setelah kenaikan harga BBM, harga tiket bus AKAP dan AKDP Semarang ke sejumlah kota lainnya di Pulau Jawa dan luar pulau mengalami kenaikan cukup signifikan. Besarnnya berkisar 10 - 40 persen, tergantung setiap PO Bus. 

Armada Po Bus Coyo rute Semarang - CirebonDicky Aditya Wijaya Armada Po Bus Coyo rute Semarang - Cirebon

"Beda-beda penentuan harga tiket berdasarkan jarak tempuh dan biaya operasional," ucap Kepala Terminal Mangkang Semarang Reno Adi Pribadi kepada Kompas.com, Sabtu (10/9/2022). 

Kenaikan harga tiket kelas Eksekutif sebesar 30-40 persen. Misalnya, harga tiket bus jurusan Semarang - Jakarta yag sebelumnya Rp 200.000, saat ini menjadi Rp 250.000.

Bila dihitung, kenaikan tarif atau harga tiketnya sebesar Rp 50 ribu per penumpang. Tarif tersebut berlaku sejak, Jumat (9/9/2022), dan belum semua perusahaan PO Bus yang menaikkan harga. 

Baca juga: Kuota Pembelian BBM Subsidi Belum Berlaku, Masih Tunggu Regulasi

Dari pantauan Kompas.com, Sabtu (10/9/2022), berikut ini harga tiket bus AKAP jurusan Semarang - Jakarta, yakni: 

Pemudik pengguna transportasi umum bus turun di Terminal Bus Blitar, Kamis (28/4/2022)KOMPAS.COM/ASIP HASANI Pemudik pengguna transportasi umum bus turun di Terminal Bus Blitar, Kamis (28/4/2022)

Agramas Executive 2+2 (Rp 250 ribu) 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.