Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/09/2022, 14:41 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor listrik Bike Smart Electric atau BS Electric, yang merupakan inisiasi Ketua MPR RI sekaligus Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo belum juga meluncur.

Bamsoet panggilannya mengatakan, saat ini motor listrik harga terjangkau itu tengah melakukan uji tipe. Padahal target awal harusnya sudah bisa meluncur pada awal 2022.

Baca juga: Black Stone Garage, Wadah Pecinta Otomotif di Jakarta Resmi Dibuka

"Nanti kita sedang urus izinnya, kita masih uji tipe masih proses. Kita targetnya sebetulnya awal tahun ini sudah jadi, cuma prosesnya masih berlangsung," kata Bamsoet yang ditemui saat pembukaan Black Stone Garage di Jakarta, Sabtu (10/9/2022).

Bike Smart Electric KOMPAS.com/Nanda Bike Smart Electric

"TKDN 60 persen seharusnya sudah bisa disupport. Harga di bawah Rp 10 juta. Target (meluncur) tahun ini," kata dia.

Untuk diketahui BS Electric sudah lebih dari setahun disebut sedang melakukan uji tipe. Motor ini pertama kali diperkenalkan saat pelantikan pengurus IMI yang baru pada Februari 2021.

Motor itu kemudian tampil di pameran Indonesia International Auto Show (IIMS) 2021 pada April tahun lalu.

Saat itu Djoko Iman Santoso, Direktur Pemasaran dan R&D BS Electric mengatakan, uji tipe paling cepat baru selesai pada Juni 2021.

"Target kelarnya sekitar dua bulan lagi," kata Iman saat itu.

Baca juga: Mengulik Tampilan dan Kenyamanan Interior Mazda 2 Sedan

Bike Smart ElectricKOMPAS.com/Gilang Bike Smart Electric

Iman mengatakan, BS Electric akan dirakit lokal di Indonesia di pabrik BS Electric di Surabaya, Jawa Timur. Saat nanti meluncur motor ini hanya akan punya satu warna yaitu kuning.

Warna kuning terang sengaja dipilih karena dianggap dapat memperkuat citra merek BS Electric. Warna kuning itu hasil kolaborasi BS Electric dengan cat kaleng semprot merek Diton.

"Kita ini hanya akan jual warna kuning tidak ada warna lain. Karena memang kuning, menurut kami warna yang punya karakter tersendiri, menunjukkan bahagia dan bersinar," kata Iman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.