Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakukan Ini jika AC Tidak Dingin Saat Mobil Berhenti

Kompas.com - 10/09/2022, 15:02 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Permasalahan pada sistem AC mobil memang beragam, salah satunya, yaitu AC tidak dingin ketika mobil berhenti melaju.

Kejadian seperti ini tentu saja tidak wajar, dan menjadi tanda bahwa ada komponen yang bermasalah.

Lantas, komponen apa yang mungkin menjadi penyebabnya?

Baca juga: Waspada Kompresor AC Mobil Rusak Tidak Bisa Diperbaiki

Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.DOK Otomotif/Otomotifnet.com Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.

Service Advisor PT Graha Rajasa Denso Andres Siswanto, mengatakan ketika AC mobil tidak dingin pada saat mobil berhenti melaju bisa saja disebabkan oleh komponen utama pada sistem AC.

“Bisa jadi dari kompresor, ini merupakan komponen utama yang bila terjadi penurunan performa akan membuat AC kurang dingin, mungkin kompresor lemah, jadi tidak dinginnya saat kendaraan berhenti atau putaran mesin rendah,” ucap Andres kepada Kompas.com, Sabtu (10/9/2022).

Dia mengatakan kevakuman pada selang low menjadi kurang maksimal ketika kompresor lemah, begitu juga tekanan pada selang tekanan tinggi menjadi kurang maksimal bila kompresor lemah.

Baca juga: Mitos atau Fakta, LPG Bisa Dijadikan Cairan Pendingin AC Mobil?

Tekanan AC mobil yang ideal ketika bekerjaErwin Setiawan Tekanan AC mobil yang ideal ketika bekerja

“Selain kompresor, penyebab lainnya bisa dari ekstra fan yang lemah atau bahkan mati, hal ini menyebabkan kondensor tidak mampu mendinginkan freon dengan baik, semeentara ketika mobil melaju kondensor masih didinginkan dari angin efek laju kendaraan,” ucap Andres.

Dia menjelaskan, segala kemungkinan bisa terjadi karena sistem AC pada mobil merupakan satu kesatuan yang saling mempengaruhi. Ketika ada satu komponen yang bermasalah, maka biasanya akan menimbulkan dampak yang cukup serius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com