Kompas.com - 10/09/2022, 10:22 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Ketika datang ke toko aki, kita akan disuguhi oleh berbagai merek dan model aki. Mulai dari teknologinya yang berbeda, kelengkapannya, hingga kapasitas yang disediakan.

Dari jenis aki basah misalnya, terdapat dua pilihan di pasar, yaitu Premium dan Hybrid.

Jika dilihat dari fisiknya, tipe Premium lebih sederhana, sedangkan tipe Hybrid dilengkapi dengan indikator air aki yang bisa dijadikan patokan apakah aki perlu diisi daya, kondisinya bagus atau sudah rusak.

Namun, apakah hanya itu perbedaannya?

Baca juga: Bagus Mana, Aki Bebas Perawatan atau Aki Basah?

Isi air aki mobilKompas.com Isi air aki mobil

Kepala Toko Shop & Drive Penggaron Suprawitno mengatakan, perbedaan aki basah antara Hybrid dan Premium ada di teknologi, bukan sekadar perlengkapannya.

Aki Premium bisa disebut aki konvensional, penguapan air akinya terbilang cukup cepat, sedangkan Hybrid bisa disebut gabungan dari aki konvensional dan MF (maintenance free) penguapan nya terbilang minim,” ucap Supra kepada Kompas.com, Jumat (9/9/2022).

Dia mengatakan untuk Hybrid memang masih tipe basah, tapi bahan dan teknologinya sudah menggunakan seperti milik aki bebas perawatan yang minim penguapan.

Baca juga: Apa Boleh Aki Bebas Perawatan Ditambah Air Aki?

poisisi tepat untuk mengetahui kepala akiSuprawitno poisisi tepat untuk mengetahui kepala aki

“Jika aki Premium membutuhkan pengecekan volume air aki setiap bulan, maka aki Hybrid hanya membutuhkan pengecekan setiap sebulan sekali, tergantung dengan cuaca,” ucap Suprawitno.

Jadi, dari segi bahan dan teknologi yang digunakan, antara aki Premium dan Hybrid memang berbeda, jadi pantas saja jika harga jualnya juga terpaut cukup jauh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.