Kompas.com - 09/09/2022, 19:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Aki atau baterai merupakan komponen utama untuk menghidupkan mesin pada mobil. Tanpa aki, maka mobil tidak akan bisa hidup dengan mudah, bahkan ada tipe mobil yang tidak bisa hidup sama sekali.

Hal tersebut membuat aki perlu dijaga agar selalu awet, sehingga berkendara menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Untuk membuat aki lebih awet, salah satu caranya yaitu mengubah cara berkendara. Simak tutorial berkendara berikut!

Baca juga: Bagus Mana, Aki Bebas Perawatan atau Aki Basah?

Cek kondisi aki mobilCakra Motor 11 Cek kondisi aki mobil

Mekanik Shop & Drive Pondok Bambu Alfiyan Iqbal, mengatakan usia aki bisa menjadi lebih awet jika dalam berkendara memperhatikan hal-hal kecil yang berkaitan dengan perangkat listrik.

“Biar aki awet, saat berkendara perlu memperhatikan perangkat listrik yang digunakan, berlebihan atau tidak, ketika mobil berhenti seperti mau parkir, pastikan mematikan AC sebelum lepas kunci, pastikan semua kelistrikan mati langsung dari sakelarnya,” ucap Alfiyan kepada Kompas.com, Jumat (9/9/2022).

Dia mengatakan beban perangkat listrik yang terlalu berat akan membuat aki bekerja terlalu keras, dan cenderung dalam keadaan tidak terisi penuh.

Baca juga: Apa Boleh Aki Bebas Perawatan Ditambah Air Aki?

poisisi tepat untuk mengetahui kepala akiSuprawitno poisisi tepat untuk mengetahui kepala aki

“Bila kondisi aki tidak penuh, ketika digunakan memutar motor starter maka aki akan berpotensi drop, ini merugikan karena biasanya dicoba beberapa kali untuk menyalakan mobil, itu cukup akan semakin menguras daya aki,” ucap Alfiyan.

Dia mengatakan ketika perangkat listrik tidak dimatikan secara total lewat saklar, maka aki cenderung mudah drop karena ada beban yang harus ditanggung oleh aki selama mobil mati atau parkir.

“Beban yang kecil tersebut, lama kelamaan akan terakumulasi sehingga menyebabkan aki drop,” ucap Alfiyan.

Jadi, saat berkendara perlu memperhatikan perangkat elektronik yang terpasang pada mobil, apakah sesuai dengan kemampuan aki atau tidak. Selain itu juga perlu memastikan semua perangkat listrik terputus dari saklar ketika mobil mau parkir atau berhenti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.