Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagus Mana, Aki Bebas Perawatan atau Aki Basah?

Kompas.com - 09/09/2022, 14:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan sisi perawatannya, aki mobil yang beredar di pasaran ada aki basah dan aki bebas perawatan.

Aki basah, artinya pemilik kendaraan perlu memeriksa kondisi air aki secara rutin, karena air aki bisa berkurang seiring pemakaian. Berbeda dengan aki bebas perawatan, yang diklaim tidak terjadi penguapan karena salurannya tertutup rapat.

Lantas, jika dibandingkan, sebenarnya bagusan mana antara aki basah dan aki bebas perawatan?

Baca juga: Hati-hati, Kurang Perawatan Aki Mobil Bisa Meledak

Aki mobil tipe MFKompas.com Aki mobil tipe MF

Mekanik Shop & Drive Pondok Bambu Alfiyan Iqbal, mengatakan antara aki basah dan aki bebas perawatan sebenarnya hampir sama, bila terjadi perbedaan usia pakai, itu karena dipengaruhi oleh berbagai faktor.

“Sama saja, bisa jadi aki basah lebih awet atau pun sebaliknya, tergantung dari jenis kendaraan, pemakaiannya seperti apa, bahkan perawatan aki juga menentukan keawetan aki,” ucap Alfiyan kepada Kompas.com, Kamis (8/9/2022).

Dia mengatakan setiap kendaraan memiliki beban listrik yang berbeda-beda. Mulai dari lampu, aksesoris dan perangkat listrik lainnya.

Baca juga: Cara Ganti Aki Mobil Sendiri di Rumah

Cek kondisi aki mobilCakra Motor 11 Cek kondisi aki mobil

“Ketika beban listrik pada kendaraan itu besar, sementara pemakaian kendaraan juga hanya jarak dekat, kemungkinan aki belum sempat terisi daya secara penuh, hal tersebut akan menentukan usia aki,” ucap Alfiyan.

Dia juga menjelaskan usia aki ditentukan dari perawatan. Aki yang memiliki teknologi tinggi juga tetap membutuhkan perawatan yang baik.

“Perbedaan peralukan kepada aki akan menentukan usia aki, bahkan untuk aki yang bebas perawatan sekalipun, yang memiliki teknologi lebih bagus, jika tidak dirawat maka usianya akan lebih pendek,” ucap Alfiyan.

Jadi, antara aki bebas perawatan dan aki basah tidak menjamin mana yang lebih bagus. Justru, usia aki ditentukan oleh hal lain yang lebih kompleks seperti jenis kendaraan, pemakaian, serta perawatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com