Kompas.com - 09/09/2022, 06:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) menjadi fasilitas yang paling dibutuhkan bagi setiap pengendara kendaraan bermotor untuk kelangsungan mobilitas.

Namun, naiknya harga BBM di SPBU Pertamina menimbulkan protes dari masyarakat. Kenaikan harga BBM membuat pengendara mau tidak mau harus merogoh kocek dalam untuk anggaran pengisian bahan bakar.

Baca juga: Strategi Pemerintah Agar Masyarakat Taat Bayar Pajak Kendaraan

Maka dari itu, berbagai cara alternatif dijadikan pilihan untuk mengatasi kenaikan BBM, salah satunya dengan mencari SPBU selain Pertamina.

Berikut beberapa SPBU yang ada di Indonesia selain Pertamina yang berhasil Kompas.com rangkum:

SPBU Shell Modular Blitar. (DOK. Shell) SPBU Shell Modular Blitar.

1. SPBU Shell

Shell mulai mengoperasikan SPBU di Indonesia sejak 1 November 2005. Berdasarkan situs resminya di www.shell.co.id, SPBU ini telah membangun lebih dari 170 SPBU di Jabodetabek, Bandung, Jawa Timur dan Sumatera Utara dengan lebih dari 300 karyawan.

Shell merupakan perusahaan minyak internasional pertama yang terjun dalam bisnis ritel BBM setelah 40 tahun.

SPBU Shell Indonesia menyediakan lima jenis BBM yakni Shell Super, Shell V-Power, Shell V-Power Diesel, Shell Diesel Extra dan Shell V-power Nitro+.

2. SPBU BP

SPBU ini merupakan salah satu perusahaan energi terpadu dari perjanjian usaha patungan antara BP dan AKR pada 5 April 2017 . Usaha patungan ini membentuk sebuah perusahaan, PT Aneka Petroindo Raya (APR) yang beroperasi dengan nama BP AKR Fuels Retail.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.