Kompas.com - 08/09/2022, 19:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memarkir mobil sebenarnya sangat berbahaya jika dilakukan di pinggir jalan. Pertama, menghalangi lalu lintas, lalu bisa membuat orang lain celaka, sampai jadi incaran aksi kriminal.

Membuat orang lain celaka di sini maksudnya adalah pengguna jalan lain bisa menabrak mobil tersebut. Seharusnya jalanan yang lega malah jadi sempit saat ada mobil yang sembarangan parkir.

Lalu jika dalam kondisi terpaksa dan harus parkir di pinggir jalan, bagaimana caranya agar tetap aman?

Baca juga: Urutan Gigi dan Rem Tangan yang Benar Saat Parkir Mobil Transmisi Matik

ilustrasi parkir mobil pararelwww.rgj.com ilustrasi parkir mobil pararel

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan, kalau dalam kondisi darurat dan harus parkir di pinggir jalan, pastikan posisi mobil di luar marka jalan.

"Tips pertama, parkir mobil di luar marka jalan dan alasnya rata. Lebih bagus lagi kalau lebar tepiannya dua kali lebar kendaraan," ucap Sony kepada Kompas.com, Kamis (8/9/2022).

Kedua, pasang segitiga pengaman di belakang kendaraan. Pastikan ada jarak antara segitiga pengaman dengan kendaraan, sehingga pengguna jalan lain bisa menghindar atau manuver menjauh.

Baca juga: Cuma 400 Unit, Motor Jadul Yamaha SR400 Kembali Diproduksi


"Selain pasang segitiga pengaman, nyalakan juga lampu hazard," ucap Sony.

Terakhir, selalu waspada dan memantau kondisi lalu lintas di belakang mobil. Perlu diingat, membuka pintu mobil jangan sembarangan, harus periksa apakah jalanan aman atau tidak untuk menghindari menyenggol pengguna jalan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.