Kompas.com - 06/09/2022, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan vulkanisir atau melapis ulang ban lama dengan telapak baru yang masih tebal memang awam dilakukan pada ban bus atau truk.

Hal ini biasa dilakukan untuk menghemat biaya operasional, mengingat biaya vulkanisir yang bisa 1/3 dari harga ban baru. Lalu mengapa jarang ditemui vulkanisir pada ban mobil penumpang?

On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk. Zulpata Zainal menjelaskan, menurutnya ada saja ban kendaraan penumpang yang melakukan vulkanisir, tapi memang tidak sebanyak ban bus atau truk.

Baca juga: Ban Bus dan Truk Langka, Amankah Pakai Ban Vulkanisir?

vulkanisir bansuarakarya.id vulkanisir ban

"Ada saja dan bisa kok, cuma mungkin nilai keekonomisannya kurang menarik untuk konsumen mobil penumpang," ucap Zulpata kepada Kompas.com, Senin (5/9/2022).

Menurut Zulpata, melakukan vulkanisir ban mobil penumpang biayanya beda tipis dengan membeli ban baru. Jadi daripada repot melakukannya, lebih baik beli saja yang baru.

"Iya sepertinya beda tipis (mobil penumpang), dibandingkan harga baru ban truk atau bus dengan vulkanisir bisa berlipat bedanya," kata Zulpata.

Baca juga: Cara Irit Mengendarai Mobil Matik di Tengah Kenaikan Harga BBM


Bambang Widjanarko, Wakil Ketua Aptrindo Jateng dan DIY mengatakan, bisa saja ban mobil penumpang divulkanisir, tapi tidak menguntungkan pemilik dan jarang sekali dilakukan.

"Kan ban kendaraan pribadi harganya lebih murah. Selain itu kecepatan kendaraan pribadi umumnya lebih tinggi dari kendaraan niaga," kata Bambang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.