Kompas.com - 05/09/2022, 18:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga bahan bakar minyak (BBM) sudah resmi naik, sebagai pengendara kita perlu mengatur siasat agar anggaran dana yang dikeluarkan untuk membeli BBM tidak membengkak.

Salah satu cara yang cukup efektif adalah mengubah perilaku mengemudi. Karena faktanya, konsumsi bahan bakar ditentukan dari cara mengemudi.

Lantas, perilaku mengemudi seperti apa yang bisa bikin konsumsi BBM boros?

Baca juga: Mitos atau Fakta, Bensin Punya Masa kedaluarsa?

inilah SPBU Meninting lokasi truk yang diduga menimbun BBM jenis solar dan telah diamankan Polres Lombok Barat.FITRI R inilah SPBU Meninting lokasi truk yang diduga menimbun BBM jenis solar dan telah diamankan Polres Lombok Barat.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan cara mengemudi yang agresif dapat membuat konsumsi bahan bakar boros.

Mengemudi jangan agresif, main gas rem tidak memperhitungkan kondisi jalanan yang macet atau banyak lampu merah misal, tentu cara tersebut bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros,” ucap Didi kepada Kompas.com, Senin (5/9/2022).

Hal yang sama disampaikan oleh Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi, bahwa mengemudi yang agresif bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

Baca juga: Efek Samping Mencampur Bensin Oktan Rendah dan Tinggi

Ilustrasi injakan pedal gas yang pengaruhi besaran angka rpm pada takometer. Kompas.com Ilustrasi injakan pedal gas yang pengaruhi besaran angka rpm pada takometer.

“Jangan agresif saat mengemudi, sebisa mungkin menambah kecepatan dengan perlahan sehingga kecepatan kendaraan menjadi konstan,” ucap Bambang kepada Kompas.com, Senin (5/9/2022).

Logikanya, jika ingin menghemat bahan bakar perlu memaksimalkan konversi pembukaan pedal gas dengan jarak yang ditempuh, maka dari itu jangan sampai sudah ngegas maksimal tapi tidak lama setelah itu malah menginjak pedal rem. Itu jelas sekali bikin konsumsi bahan bakar boros.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.