Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Litha & Co Tambah Bus Suites Class, Bisa Angkut 37 Penumpang

Kompas.com - 30/08/2022, 09:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Litha & Co asal Sulawesi kembali menambah bus suites class untuk beroperasi di Tanah Celebes. Bodi bus yang digunakan yakni Legacy SR2 Suites Class yang memakai sasis Mercedes Benz.

Secara tampilan luar, bus Litha & Co terbaru ini tampak sama dengan model sebelumnya, yang beroperasi Mei 2022. Namun, perbedaan paling signifikan ada pada bagian kabin di mana kapasitasnya bertambah.

Pada unit terbaru, susunan bangku suites dibuat jadi 2-1, alias dua di kanan dan satu di kiri. Jadi kalau dijumlahkan, mengingat bangkunya yang ditumpuk, total kapasitasnya jadi 37 penumpang.

Baca juga: PO Budiman Ambil 4 Bus Baru dari Adiputro, buat Wisata dan AKAP

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KAROSERI LAKSANA (@laksanabus)

 

Padahal, kalau dibandingkan dengan unit Litha & Co yang keluar di Mei, dengan susunan bangku 1-1 bertumpuk, total bangkunya cuma 24. Jadi ekstra penumpang yang bisa dibawa dengan susunan 2-1 ini bertambah sampai 13 orang.

Laksana memang belum lama ini memperkenalkan susunan 2-1 pada bangku suites yang diberi julukan Suites Family. Selain menambah kapasitas, bangku 2-1 ini memudahkan orang yang pergi bersama anak kecil atau keluarga.

Jadi dengan bangku yang nyaman, anak-anak tetap bisa berada di samping orang tua. Sedangkan untuk yang lama, bangku 1-1, setiap penumpang punya kabinnya masing-masing.

Baca juga: Biaya Tangki Penuh Brio Satya, Agya, dan Ayla jika Pertalite Naik


Mengenai fitur di kabin bus Litha & Co yang baru, Export Manager Karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan kalau kabinnya disesuaikan dengan bus-bus yang beroperasi di Sulawesi.

"Fasilitas standar saja untuk wilayah sana. Jadi tanpa Video On Demand di setiap bangku dan non toilet," kata Werry kepada Kompas.com, Senin (29/8/2022).

Memang, bus-bus Litha & Co terutama yang suites dibuat agar penumpang tidak terganggu istirahatnya. Jadi selama perjalanan, tinggal tidur sambil melihat pemandangan lewat kaca samping.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com