Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Baru PO Ramayana, 2 Unit AKAP Pakai Bodi Jetbus HDD

Kompas.com - 31/08/2022, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Ramayana asal Muntilan, Jawa Tengah kembali mengambil bus baru dari Karoseri Adiputro. Dua unit bus dengan bodi Jetbus 3+ HDD keluar dari karoseri asal Malang, Jawa Timur, belum lama ini.

Sebelumnya, PO Ramayana pernah mengambil lima unit bus baru dari Adiputro. Saat itu bertepatan dengan Bulan Ramadan, jadi pas untuk mengangkut penumpang mudik.

Untuk unit yang baru, secara tampilan eksterior memang serupa dengan model sebelumnya. Bodi dicat dengan kombinasi warna ungu terang dengan putih khas PO Ramayana.

Baca juga: Mengenal PO Unicorn Indorent, Cuma Punya Armada Bus Tingkat

Kabin Bus AKAP baru PO RamayanaDOK. ADIPUTRO Kabin Bus AKAP baru PO Ramayana

Sedangkan untuk sasis yang dipilih adalah Hino R260, ladder frame bermesin belakang. Jadi untuk bagasinya memang tidak selega model MHD tapi tetap tembus di bagian atas sasis.

Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro mengatakan, untuk bagian kabin, PO Ramayana tidak meminta banyak hal, jadi cukup standar.

"Kabinnya standar cuma pakai toilet saja di belakang," kata Yohan kepada Kompas.com, Selasa (30/8/2022).

Baca juga: MotoGP Mulai Sepi Penonton, Lorenzo Ungkap Penyebabnya


Tapi bisa dilihat untuk bangku yang digunakan sudah memakai leg rest. Artinya, penumpang bisa menyandarkan kakinya dengan baik dan semakin nyaman menempuh perjalanan yang cukup jauh.

Walaupun standar, untuk sistem hiburan nampaknya sudah ditingkat atau upgrade. Bisa dilihat dari head unit touch screen di dasbor dan TV LED berukuran besar di bagian depan dan tengah.

PO Ramayana sebelumnya juga kerap memakai bodi buatan Karoseri Morodadi Prima. Sebut saja model Patriot sampai Ventura masih digunakan PO asal Muntilan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com