Honda Sebut Elektrifikasi di Indonesia Masih Butuh Pengenalan

Kompas.com - 30/08/2022, 14:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah banyak pabrikan yang memasarkan kendaraan elektrifikasi di Indonesia. Namun, PT Honda Prospect Motor (HPM) baru sekadar memperkenalkannya hingga saat ini.

Perkenalan terbarunya dilakukan pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Saat itu, Honda memamerkan CR-V Hybrid dan Accord Hybrid.

Baca juga: Honda Jepang Bakal Pangkas Produksi hingga 40 Persen, Ini Kata HPM

Yusak Billy, Sales Marketing & Business Innovation Director PT HPM, mengatakan, sebenarnya soal elektrifikasi ini sudah dipelajari sejak lama oleh Honda.

Honda CR-V HybridKompas.com/ApridaMegaNanda Honda CR-V Hybrid

"Sebelumnya, banyak yang bertanya dan saya selalu jawab, masih dipelajari, karakter konsumennya seperti apa, maunya seperti apa. Sebenarnya, waktu di GIIAS itu sudah selangkah lagi ke depan," ujar Billy, saat ditemui di Bekasi, belum lama ini.

Billy menambahkan, hasil studi tersebut sudah disampaikan. Hasilnya, Honda akan meluncurkan dua model hybrid di tahun depan dan kendaraan elektrifikasi lainnya di tahun-tahun berikutnya.

Baca juga: Adu Performa Subaru XV dengan Honda HR-V RS, Mana Lebih Bertenaga?

"Dengan hybrid, hasil studinya adalah perlu familiarisasi, pengenalan elektrifikasi. Tapi, tentunya secepat mungkin kita ke arah full elektrifikasi. Sebab, visinya Honda pada 2040 semua sudah harus full elektrifikasi," kata Billy.

Honda Accord HybridKompas.com/ApridaMegaNanda Honda Accord Hybrid

Menurut Billy, untuk bisa memasarkan kendaraan elektrifikasi di Indonesia ada tahapannya. Sebab, teknologi tiap negara juga bisa berbeda-beda, tergantung kebutuhannya dan infrastrukturnya juga.

"Jadi, kalau di Indonesia perlu pengenalan elektrifikasi dulu. Tapi, secepat mungkin kami akan mengarah ke full elektrifikasi juga. Jadi, tahun depan ditunggu saja, kami akan memperkenalkan e:HEV untuk konsumen di Indonesia. Pada tahun-tahun berikutnya, akan ada elektrifikasi lainnya juga," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.